Jakarta (ANTARA News) - Pemain bulutangkis tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, memastikan tempatnya di babak 16 besar turnamen Djarum Indonesia Super Series 2009 setelah menang dua game langsung atas pemain asal Inggris, Andrew Smith.

"Pada awal hingga pertengahan game pertama, saya sempat tegang. Mungkin karena tahun lalu nggak ikut turnamen ini, jadi harus adaptasi lagi dengan atmosfirnya," kata Taufik di Jakarta, Rabu.

Dalam pertandingan selama kurang lebih 33 menit itu, Taufik berhasil mengalahkan Andrew dengan skor 21-10, 21-15.

"Pada game kedua, saya banyak melakukan percobaan, karena saya merasa yakin dapat menang hari ini," kata pemain unggulan kelima itu.

Peraih medali emas pada Olimpiade 2004 ini akan berhadapan dengan pemain asal Thailand, Boonsak Ponsana, untuk memperebutkan tempat di babak perempatfinal turnamen berhadiah total 250 ribu dolar AS itu.

"Boonsak pemain bagus, saya selalu khawatir kalau berhadapan dengan dia. Hanya di Olimpiade 2004 saya bermain dua game langsung, selebihnya selalu rubber game," kata Taufik.

Selain Taufik, pemain tunggal putra Indonesia yang juga memastikan tempat di putaran kedua adalah unggulan keempat Sony Dwi Kuncoro yang menang atas pemain asal India, Anand Pawar. Sony kemudian akan bertemu dengan pemain asal Malaysia, Wong Choong Han.

Unggulan kedelapan Simon Santoso akan menghadapi pemain asal Korea Selatan Park Sung Hwan dalam perebutan tiket babak 16 besar Kamis (18/6).

Harapan ganda putra Bona Septano/Mohammad Ahsan untuk membalas kekalahan mereka pada Piala Sudirman dari pasangan Inggris Nathan Robertson/Anthony Clark, pupus setelah cedera pinggang yang diderita Ahsan pekan lalu kambuh.

Ahsan menderita cedera tersebut menjelang keberangkatan ke Singapura sehingga pasangan tersebut batal berlaga di turnamen Super Series pekan lalu itu.

Usai memenangi game pertama 21-15, pasangan unggulan ketujuh itu kehilangan game kedua 16-21 sebelum Ahsan minta perawatan medis saat tertinggal 3-9 pada game ketiga.

Setelah mendapat perawatan dokter, mereka melanjutkan pertandingan namun akhirnya menyerah 10-21.

"Game pertama sebenarnya permainan mereka sudah benar, tetapi mulai game kedua sudah tampak berubah, terutama Ahsan banyak melakukan kesalahan," ujar pelatih ganda putra Sigit Pamungkas.

Sigit mengatakan, atas saran dokter turnamen, mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap cedera Ahsan karena diduga ada saraf yang terjepit.

Ganda putra non pelatnas Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi menang 21-11, 21-18 atas pasangan Taiwan Chen Hong Ling/Lin Yu Lang untuk maju ke babak kedua bertemu Nathan Robertson/Anthony Clark yang mengalahkan Bona/Ahsan.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009