Palembang (ANTARA News) - Manajemen Sriwijaya menjanjikan bonus sebanyak 70 persen atau Rp1,4 miliar khusus dari hadiah juara Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009 senilai Rp2 miliar yang akan diserahkan kepada pemain.

Hal itu dikemukakan asisten manajer Sriwijaya FC, Henry Zainuddin kepada wartawan di Palembang, Jumat jelang bertemunya juara bertahan Sriwijaya FC menghadapi Persipura pada Minggu (28/6) pukul 19.00 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Palembang.

Ia menegaskan bahwa bonus tentunya sebagai motivasi untuk dapat mempertahankan gelar juara Copa Indonesia.

Sriwijaya FC sendiri memiliki keuntungan dengan bermain di kandang sendiri dalam partai final ini.

Sementara itu secara terpisah, pelatih Rahmad Darmawan kecewa tak dapat memainkan bek Isnan Ali. Isnan diskors karena akumulasi kartu kuning saat melawan Persijap Jepara di semifinal, Rabu (25/6) lalu.

"Sebenarnya saya sudah menyimpan beberapa pemain untuk final, seperti Kayamba dan Wijay untuk menjaga agar mereka tidak mendapat kartu kuning," kata Rahmad.

Namun, Rahmad mengaku kecolongan dengan kartu kuning yang didapat Isnan Ali. Tanpa Isnan, Laskar Wong Kito menghadapi kesulitan menahan gempuran Boaz Solossa atau Ernest Jeremiah. Kedua pemain itu telah menyumbangkan banyak gol di ajang Copa musim ini.

Partai puncak Copa Indonesia ini memang merupakan Laga "best of the best" saat dua tim elit, Sriwijaya FC Palembang dan Persipura Jayapura yang merupakan pertandingan final ideal.

Peluang bagi Sriwijaya FC untuk mempertahankan gelar juara atau Persipura yang merebut trofi sekaligus melengkapi gelar ganda setelah memenangi Liga Super. "Big match" makin menarik karena merupakan ulangan final tahun lalu.

Hanya, situasinya kini sudah berbeda karena Sriwijaya FC lebih difavoritkan. Pasalnya, final digelar di kandang Laskar Wong Kito. Ini tentu sudah menjadi modal tersendiri bagi

Kontras dengan final 2007 saat Persipura begitu diunggulkan. Mereka tak hanya didukung skuad yang nyaris sempurna, tapi juga begitu perkasa. Tim Mutiara Hitam tak pernah kesulitan menyingkirkan lawan-lawannya, termasuk Persija Jakarta Pusat di semifinal di Gelora Bung Karno, Senayan, yang tak lain merupakan rumah Macan Kemayoran.

Kenyataannya, Persipura tak kesulitan menghabisi Persija. Bandingkan dengan Sriwijaya FC yang harus berjibaku di semifinal melawan Pelita Jaya Purwakarta. Bahkan pertandingan harus diselesaikan melalui adu penalti. Ini jelas membuat stamina pasukan Rahmad Darmawan terkuras.

Parahnya, Sriwijaya FC kehilangan bek tangguh Charis Yulianto dan Christian Leng Lolo karena akumulasi kartu kuning. Tanpa Charis, lini pertahanan tim sedikit bermasalah karena harus mengandalkan pemain veteran Renato Eliyas dan Slamet Riyadi yang selama ini lebih sering duduk di bangku cadangan.

Setengah bercanda, Rahmad mengatakan timnya tak pernah komplet dalam perjalanan menuju final dan bahkan saat menjadi juara. Selalu saja mereka kehilangan pemain pilar karena akumulasi kartu atau cedera.

Tanda-tanda kekalahan Sriwijaya FC sudah terbayang saat Ernest Jeremiah membobol gawang Ferry Rotinsulu saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Namun secara pelahan, Sriwijaya FC mulai panas dan bangkit. Mereka mampu menyamakan kedudukan melalui Keith Kayamba Gumbs dan kemudian menang adu penalti.

Sementara pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago mengatakan, Sriwijaya adalah tim yang bagus.

Walau demikian, dia tetap yakin timnya bisa mengatasi perlawanan Sriwijaya FC meskipun mereka bermain di hadapan publiknya. "Kuncinya kami tak boleh meremehkan lawan," kata Jacksen.

Persipura memang harus kehilangan striker Alberto "Beto" Goncalves karena sudah mengantungi dua kartu kuning.

Namun bukan berarti Persipura tak memiliki peluang. Mereka tak hanya bermodalkan skuad dengan pemain berteknik tinggi tapi juga motivasi membalas dendam sekaligus meraih trofi untuk pertama kalinya.

Partai puncak ini juga akan dimeriahkan tarian kolosal "The Ball of Life" dan hiburan musik oleh God Bless dan tendangan berhadiah Rp100 juta oleh Jatmiko yang dilatih mantan kapten Timnas, Bima Sakti.

Stepanus Kurniadi, Manajer Dji Sam Soe menyatakan, partai puncak ini menjadi kenangan yang tak terlupakan di Copa Indonesia.

Grand final ini juga akan menghadirkakn soccer fun festival khusus bolamania di Stadion Sriwijaya, Jakabaring, Palembang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009