Penyanyi RnB Betty Wright meninggal dunia

Penyanyi RnB Betty Wright meninggal dunia

Penyanyi RnB Betty Wright (Instagram/@therealbettywright)

Jakarta (ANTARA) - Betty Wright, penyanyi soul dan R&B yang terkenal karena lagu hit 70-an "Clean Up Woman," telah meninggal dunia di usia 66 tahun.

Wright meninggal di rumahnya di Miami pada hari Minggu (10/5) waktu setempat karena penyakit kanker yang dideritanya, menurut Billboard dikutip oleh PageSix pada Senin.

Terlahir dengan nama Bessie Regina Norris, Wright mengadopsi nama panggungnya ketika dia masih kecil. Bersama saudara-saudaranya dalam grup vokal Echoes of Joy, dia mulai aktif bernyanyi di gereja.

Baca juga: Little Richard meninggal dunia karena kanker

Baca juga: Penyanyi "Lean on Me" Bill Withers meninggal dunia


Mereka merilis album pada tahun 1956, ketika dia berusia tiga tahun. Wright beralih dari gospel ke R&B pada usia 11 tahun dan mulai bernyanyi di pertunjukan bakat lokal di Miami.

Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Deep City Records ketika berusia 12 tahun.

Album pertamanya, "My First Time Around," dirilis ketika dia berusia 14 dan termasuk hit Top 40.

Terobosan Wright datang dengan single "Clean Up Woman" dari album keduanya, "I Love the Way You Love," dirilis pada tahun 1971.

Lagu itu mencapai No. 6 di tangga lagu Billboard Hot 100, terjual lebih dari satu juta kopi dan dinyatakan sebagai lagu No. 49 tahun 1972, menurut Billboard.

Bertahun-tahun kemudian, Wright menulis lagu disco-infused "Where Is the Love" bersama dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Dia kemudian memenangkan Grammy untuk lagu R&B terbaik. Pada 2000-an, Wright kembali muncul di acara "Making the Bank," membimbing kelompok muda Danity Kane. Dia juga melakukan produksi vokal untuk artis lain, termasuk Jennifer Lopez, Gloria Estefan dan Joss Stone.

Pada tahun 2005, ia dinominasikan untuk album pop terbaik di Grammy karena ikut memproduksi album Stone "Mind Body & Soul".

Baca juga: Vokalis Dixie Crush Lindsey Renee meninggal dalam usia 25 tahun

Baca juga: Penyanyi David Olney meninggal saat bernyanyi di panggung

Baca juga: Penyanyi opera Jessye Norman meninggal pada usia 74 tahun

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ganjar Pranowo kenang Didi Kempot sebagai musisi fenomenal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar