Berbagai paket promo Lebaran dari operator seluler

Oleh Arindra Meodia

Berbagai paket promo Lebaran dari operator seluler

Ilustrasi perangkat seluler (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah operator seluler menawarkan promo yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan agar tetap dapat bersilaturahmi di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Tidak hanya promo paket untuk berkomunikasi, para operator seluler juga banyak menghadirkan promo paket dan bonus kuota untuk konten video, musik, juga games, yang dapat digunakan pelanggan untuk mengisi libur Lebaran di rumah saja.

Berikut promo paket yang ditawarkan para operator seluler selama Ramadhan dan Lebaran.

Baca juga: Data internet terlalu murah sulitkan industri telekomunikasi

Baca juga: Rata-rata orang Indonesia pakai 5GB per bulan


1. Smartfren
Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Smartfren memberikan promo bonus kuota untuk setiap transaksi pembelian paket data di beberapa supermarket.

Promo pembelian paket berlaku untuk setiap pembelian paket data volume & EVO denominasi Rp100.000 (60GB) dengan bonus kuota 2GB dan pembelian paket Rp150.000 dapat bonus kuota 3GB.

Promo Bonus kuota berlaku hingga tanggal 31 Mei 2020 untuk setiap transaksi pembelian yang dilakukan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Untuk daftar supermarket yang telah bekerjasama, antara lain, Alfamart, Transmart Carrefour, Superindo, Indomaret, Alfamidi, Lottemart, Circle K, Family Mart, Minimart, Pepito Market, Shell, Ranchmarket, Hypermart, 212 Mart, Penamart, dan Borma Supermarket.

Tidak hanya di supermarket, Smartfren juga memberikan voucher diskon Rp30.000 untuk pembelian isi ulang pulsa dan paket data minimal Rp100.000.

Voucher diskon Rp30.000 bisa digunakan untuk pembelian isi ulang selanjutnya. Program voucher diskon isi ulang pulsa ini berlaku di Shopee (isi ulang & paket data) dan Tokopedia (pembelian pulsa).

Voucher diskon tersebut hanya bisa didapatkan pelanggan yang melakukan transaksi di kedua toko daring tersebut hingga tanggal 31 Agustus 2020.

Baca juga: Smartfren fokus bangun jaringan di lokasi ibu kota baru

Baca juga: Cara pakai eSIM Smartfren di iPhone 11


2. 3 Indonesia
Senada dengan Smartfren, 3 Indonesia juga menghadirkan promo untuk membentuk pelanggan memenuhi kebutuhan saat Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri dengan puluhan pilihan voucher belanja menarik di merchant partner 3 yang dapat ditukar menggunakan poin BonsTri.

Beberapa voucher belanja yang bisa didapat pelanggan 3 adalah voucher cashback 30 persen dari aplikasi ShopBack, voucher diskon hingga 30 persen dari Lazada, voucher diskon fashion 25 persen dari Zalora, voucher cashback dari Shopee hingga 40 persen.

Tidak hanya berbelanja, poin BonsTri juga dapat ditukar untuk diskon langganan layanan streaming film dan platform e-learning.

3 menghadirkan kartu perdana AlwaysOn yang memberikan akses gratis ke aplikasi e-learning Edmodo selama satu bulan penuh untuk membantu proses belajar dari rumah. Kartu perdana AlwaysOn ini dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp6 ribu untuk kuota 1GB.

Selain itu ada pula perdana dan paket internet Unlimited AlwaysOn yang memberikan akses unlimited ke semua aplikasi apa saja di jam 01.00 hingga 17.00, di luar dari kuota utamanya, yang dapat dimanfaatkan untuk streaming video aplikasi e-learning atau video-conferencing.

3 Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah mitra untuk dapat memberikan beragam cashback dan tambahan kuota setiap kali pelanggan 3 melakukan isi ulang pulsa.

Baca juga: Lalu lintas data internet melonjak sejak kerja dari rumah

Baca juga: Perjalanan Indonesia siapkan 5G


Isi ulang mulai dari Rp50.000, pelanggan 3 akan mendapatkan bebas akses VIU premium selama 7 hari. Adapun pengisian pulsa bisa dari manapun channel nya baik dari outlet maupun e-commerce dan mobile banking/ATM.

Selain itu, pelanggan 3 Indonesia yang melakukan pengisian pulsa di sejumlah official partners 3 akan mendapatkan berbagai bonus sesuai dengan manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing mitra.

Sebagai contoh, dengan mengisi ulang pulsa mulai dari Rp50.000 di Shopee, Tokopedia, Gojek, DANA, Bukalapak, Akulaku, GrabKios, Blibli, Lazada, atau LinkAja pelanggan 3 akan langsung mendapatkan double pulsa 100 persen yang berlaku untuk tiga hari.

Pelanggan 3 yang melakukan pengisian pulsa mulai dari Rp100.000 melalui mobile banking BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga akan mendapatkan tambahan berupa kuota sebesar 10GB yang berlaku dari jam 1 pagi hingga 12 siang selama tiga hari.

Promo cashback juga berlaku bagi pelanggan yang melakukan aktivasi paket KeepOn. Dengan membeli paket KeepOn+KlikFilm 5GB seharga Rp29 ribu, pelanggan akan berkesempatan mendapatkan cashback pulsa sebesar Rp100 ribu.

Selain itu, setiap aktivasi paket KeepOn+VIU 8,5GB seharga Rp60.000, pelanggan juga akan berkesempatan mendapatkan cashback pulsa Rp50.000 untuk 10 pemenang tiap minggu dan Samsung A80, periode program hingga 31 Mei 2020.

3. Telkomsel
Telkomsel melalui program tahunan Telkomsel Siaga dengan tema "Di Rumah Terus Jalankan Kebaikan" menghadirkan berbagai program untuk memudahkan aktivitas pelanggan selama di rumah untuk terus beribadah, berbelanja, bekerja, hingga bersilaturahmi.

Telkomsel mendukung ibadah di rumah dengan berkolaborasi dengan berbagai aplikasi ibadah dan juga aplikasi donasi. Diintegrasikan dengan program Telkomsel POIN, sehingga pelanggan dapat berdonasi dengan menukarkan Telkomsel POIN mereka.

Baca juga: Operator seluler gelontorkan Rp3 triliun selama pandemi

Baca juga: Operator seluler dukung aplikasi PeduliLindungi buatan Kominfo


Selain itu untuk menunjang di rumah agar terus terhubung, dan untuk menambah kenyamanan dalam bersilaturahmi, Telkomsel mengeluarkan produk yang berisikan paket data, SMS, dan telepon untuk "Ngabuburit" dan "Sahur." Telkomsel juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan e-Silaturahmi berupa layanan video conference saat Ramadhan.

Program video, melalui MAXStream, Telkomsel memberikan gratis akses lebih dari 150 serial film dan konten religi. Telkomsel juga memberikan paket data MAXStream untuk pengguna baru senilai Rp10 per hari untuk 1GB berlaku selama 7 hari dengan total 7GB.

Untuk games, Telkomsel menghadirkan penawaran khusus paket special price diamond Rp 7.000 berlaku untuk pembelian diamond Free Fire, Mobile Legend and Arena of Valor setiap minggu, kemudian top up denominasi dan voucher bonus 3GB Rp20.000 setiap bulan di Dunia Games.

Sementara, untuk program musik, Telkomsel menggratiskan langganan LangitMusik Premium selama 30 hari.

4. XL
Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadhan, seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited TURBO yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL dan saat ini sedang berlangsung promo diskon harga hingga 75 persen.

Bagi pelanggan non XL yang ingin mencoba bisa membeli Kartu Perdana XL yang sudah dilengkapi dengan fitur Xtra Unlimited TURBO melalui website www.xl.co.id dimana saat ini sedang berlaku promo gratis ongkir yang didukung oleh partner Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com.

Tersedia juga paket Xtra Kuota Ramadhan terdiri dari Paket Sahur, pukul: 03.00-05.00 WIB, mulai dari Rp2.500 dan Paket Ngabuburit, pukul: 15.00 -17.00 WIB, mulai dari Rp3.500. Hanya di aplikasi MyXL.

Bagi pelanggan AXIS, tersedia Paket AXIS ada Paket Warnet 1GB 1 Jam cuma Rp 490, Paket Sahur 2GB 7 hari Rp5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 00-05.59 WIB) dan Paket Bedug 7 hari Rp 5.500 (Paket ini dapat digunakan pada jam 17-19.59 WIB).

Paket tambahan, pelanggan bisa melakukan Metode Pembayaran OVO hanya berlaku untuk pembelian paket di aplikasi AXISnet dan Pelanggan bisa melakukan Donasi untuk Covid-19 melalui UMB *123*6116# dan SMS.

Baca juga: PMI dan Telkomsel manfaatkan teknologi kerja sama tangani COVID-19

Baca juga: Operator seluler bagikan masker hingga kartu perdana gratis


Selain itu, layanan XL Home juga menyediakan program khusus Ramadhan berupa Paket Ramadhan Full Faedah dengan XL Home, paket promo Rp299.000/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL HOME Entertainment Box, sehingga pelanggan bisa menikmati tayangan hiburan dari Vidio, Netflix, iflix, dan banyak pilihan lainnya.

Harga sudah termasuk sewa perangkat dan instalasi, priode promo 25 April-31 Mei 2020. Untuk pelanggan, XL Home SuperBooster memberikan upgrade kecepatan internet sementara hingga 1Gbps, dengan pilihan durasi dari 1 minggu hingga 1 bulan, harga mulai Rp70.000.

Kemudian ada pula program gratis akses data 2GB/hari dengan mengaktifkannya melalui aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Gratis 2GB/hari bisa pelanggan manfaatkan untuk mengakses sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu aktivitas belajar atau bekerja dari rumah.

5. IM3 Ooredoo
IM3 Ooredoo menghadirkan paket Freedom Kuota Harian dengan masa aktif yang sama dengan jumlah kuota utamanya, mulai dari Rp19.900 untuk kuota 7GB dengan masa aktif 7 hari, Rp39.900 untuk kuota 14 GB masa aktif 14 hari, hingga Rp74.900 untuk kuota 28 GB dengan masa aktif 28 hari.

Pelanggan tetap dapat terhubung dengan kuota 1GB per hari, tanpa khawatir pulsa terpotong saat kuota habis karena paket ini dilengkapi dengan keuntungan Pulsa Safe.

Cara untuk menikmati paket Freedom Kuota Harian, pelanggan bisa mendapatkannya melalui *123# atau aplikasi myIM3 yang dapat diunduh di Google Play Store atau AppStore.

Untuk melengkapi kampanye Ramadhan kali ini, IM3 Ooredoo menggandeng para musisi muda tanah air yaitu Baskara Putra, Sal Priadi, Kunto Aji, dan Yura Yunita dalam merilis anthem "Ramai Sepi Bersama," yang bertujuan untuk menghidupkan semangat optimisme dan harapan bangsa di tengah pandemi yang sedang kita alami.

Baca juga: 3 optimasi jaringan seluler menjelang Lebaran

Baca juga: Traffic internet naik 20 persen selama Ramadhan

Baca juga: Google gandeng operator seluler sediakan internet gratis untuk guru

Oleh Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkominfo minta operator seluler jaga kualitas jaringan internet

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar