Jakarta,(ANTARA News) - Sebanyak tiga aksi unjuk rasa dan aktivitas doa bersama akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Jumat, yang merupakan hari terakhir sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1430 Hijriyah.

Menurut informasi dari "Traffic Management Center" (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat pagi, beragam kegiatan tersebut tersebar di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat.

Unjuk rasa pertama direncanakan terjadi di Bundaran Hotel Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakpus, sekitar pukul 09:00 WIB, oleh kelompok Penerus Cita-Cita 45.

Sementara itu, aksi demonstrasi kedua dijadwalkan berlangsung di dua tempat, yaitu di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakpus, dan di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jaksel, sekitar pukul 11:30 WIB.

Massa yang akan berorasi depan Istana dan kantor KPK tersebut mengaku berasal dari Komunitas Penegak Keadilan (KPeKa) Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan unjuk rasa ketiga akan dilaksanakan di Perumahan Permata Bunda Kembangan Utara, Jakbar, pukul 13:00 WIB.

Terdapat pula agenda acara Doa Bersama yang akan dilakukan organisasi Rumah Zakat Indonesia di kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakpus.

Acara yang rencananya digelar pukul 07:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB itu dimaksudkan antara lain untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Sebelumnya, pemerintah melalui sidang "itsbat" (penetapan awal bulan Ramadhan-Red), yang dipimpin Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni di Jakarta, Kamis (20/8), menetapkan awal Ramadhan 1430 H jatuh pada Sabtu, 22 Agustus 2009.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009