Jakarta (ANTARA) - Klub-klub divisi teratas Liga Jepang (J-League) di daerah Tokyo mulai melakukan latihan kelompok untuk menghadapi kemungkinan dimulainya lagi kompetisi pada akhir Juni atau awal Juli, seiring dicabutnya status darurat virus corona kawasan per kawasan.

FC Tokyo memulai latihan pertama mereka setelah penguncian dua bulan di markas pelatihan mereka di barat Tokyo pada Selasa, sementara Shonan Bellmare dan Urawa Reds dijadwalkan memuilai latihan pada Rabu.

Sementara itu juara bertahan J-League Yokohama F Marinos mengumumkan rencana untuk memulai latihan sebagai tim pada 1 Juni, demikian dilaporkan kantor berita Kyodo, Rabu.

Liga akan membuat pengumuman tentang jadwal revisi pada hari Jumat. Divisi pertama dan kedua baru saja memulai musim kompetisi mereka, sementara divis 3 belum memulai ketika pandemi virus corona memaksa penghentian kegiatan pada bulan Februari.

Ketika para pemain kembali ke tempat latihan mereka, klub memodifikasi rutinitas mereka untuk mencegah penyebaran virus.

Berlatih terpisah

Di tempat latihan FC Tokyo, tim dibagi menjadi 10 kelompok untuk berlatih secara terpisah. Sesi latihan diadakan di balik pintu tertutup, dengan semua staf tim mengenakan masker. Pemain juga diminta untuk menyiapkan peralatan mereka sendiri.

"Sangat senang melihat wajah para pemain setelah sekian lama," kata manajer FC Tokyo Kenta Hasegawa dalam sebuah wawancara online.

Dengan musim kompetisi yang kemungkinan akan berlanjut dalam waktu sekitar satu bulan lagi, tim-tim di bagian Jepang di mana keadaan darurat sudah dicabut, mendapatkan awal yang baik dalam persiapan untuk pertandingan.

Hasegawa mengatakan penting untuk melanjutkan dengan hati-hati mengingat gangguan panjang yang disebabkan oleh krisis virus corona.

"Jika kita berlatih terlalu keras, terlalu cepat, kita berisiko cedera," kata Hasegawa, yang timnya hampir saja memenangkan gelar Liga Jepang pertama mereka musim lalu, sebelum akhirnya harus puas sebagai runner-up.

Baca juga: Klub-klub Liga Jepang sepakati musim ini tanpa degradasi

Baca juga: Virus corona tunda laga 'J-League' dan kejuaraan tenis meja beregu

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020