Athena, (ANTARA News) - Para pejabat regu pemadam Yunani, Senin sore, kelihatan yakin bahwa upaya untuk memadamkan sisa terakhir kebakaran hutan di prefektur Attica akan berhasil saat malam tiba, dan kini penekanan beralih ke pencegahan terulangnya kebakaran.

Para pejabat dari pusat pers Brigade Pemadam Yunani mengatakan tak ada titik api aktif di Attiki pada Senin, tapi Angkatan Bersenjata masih berada di sana karena bahaya menyalanya kembali api masih ada, demikian dikutip dari Xinhua-OANA.

Para pejabat itu mengatakan kebakaran paling parah yang masih belum terkendali dilaporkan di dekat Gunung Kitheronas, tempat prefektur Attica dan prefektur Viotia bertemu di Teluk Corinth. Kobaran api tersebut membuat orang-orang yang berada di tempat pelancongan Porto Germeno diungsikan pada hari yang sama.

Kebakaran lain di pulau Chios dapat dikendalikan, sementara api yang membakar semak di bukit di kota pelabuhan Karystos masih belum dapat dipadamkan.

Sebagian kebakaran besar yang berkobar di banyak tempat dan mulai terjadi Sabtu di prefektur Attica timur dan timur-laut dilaporkan telah dapat dikendalikan sampai Senin siang, sementara perhatian dialihkan ke kebakaran yang terjadi Ahad malam di dekat Gunung Kitheronas.

Jurubicara pemerintah Evangelos Antonaros, yang berbicara selama taklimat Senin sore, mengatakan gambaran keadaan pada saat ini lebih baik, tapi risiko api menyala lagi masih ada.

Antonaros menekankan bahwa kerugian akibat musnahnya 150 rumah sudah dicatat dan pada Selasa komite mekanis dari Kementerian Pekerjaan Umum dijadwalkan melakukan pencatatan sistematis.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009