Roger Federer memperoleh 106,3 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir
Jakarta (ANTARA) - Roger Federer menjadi olahragawan dengan bayaran tertinggi di dunia sepanjang tahun 2020 tatkala pandemi Virus Corona mendepak Lionel Messi dari posisi teratas, demikian daftar tahunan Forbes yang dirilis pada Jumat.

Petenis Swiss pemegang rekor 20 gelar juara Grand Slam itu, memperoleh 106,3 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir, termasuk di antaranya 100 juta dolar AS dari endorsement, untuk naik empat peringkat sekaligus menjadi petenis pertama yang berhasil menduduki daftar teratas.

Selanjutnya, pemain sepak bola Cristiano Ronaldo (105 juta dolar AS), Messi (104 juta dolar AS), dan Neymar (95,5 juta dolar AS) serta pemain bola basket Amerika LeBron James (88,2 juta dolar AS) melengkapi posisi lima besar.

"Pandemi Virus Corona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia untuk pertama kalinya," kata Kurt Badenhausen, editor senior di Forbes.
Baca juga: Ketua WTA dukung ide Federer untuk peleburan asosiasi tenis


"Roger Federer merupakan sosok yang sempurna bagi perusahaan, menghasilkan portofolio dukungan yang tak tertandingi dari merek-merek blue-chip senilai 100 juta dolar AS per tahun untuk petenis hebat."

Petenis Jepang Naomi Osaka (37,4 juta dolar AS) yang berada di peringkat ke-29 dalam daftar, melampaui sesama pemain tenis Serena Williams (36 juta dolar AS), menjadi atlet wanita berpenghasilan tertinggi di dunia.

Hanya Osaka dan Williams saja atlet wanita yang masuk dalam daftar Forbes itu.

Pemain-pemain basket mendominasi daftar nama dengan 35 pemain di antara 100 atlet termahal dunia. Selanjutnya sepak bola Amerika menyusul dengan 31 atlet, meskipun tidak ada yang penghasilannya lebih tinggi dari juara Super Bowl enam kali, Tom Brady (45 juta dolar AS) yang berada di peringkat ke-25.

Sepak bola menjadi olahraga paling terwakili berikutnya dengan 14 pemain, diikuti oleh tenis (enam), tinju dan MMA (lima), golf (empat), balap motor (tiga), serta bisbol dan kriket dengan masing-masing satu, demikian dilansir dari Reuters.
Baca juga: Federer tantang para penggemar lakukan "volley challenge"

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020