Kemarin, 23 positif COVID-19 di Jakarta Utara hingga SIKM

Kemarin, 23 positif COVID-19 di Jakarta Utara hingga SIKM

Petugas memberikan hukuman kepada warga yang tidak mengenakan masker saat melintasi check point pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jl. Inspeksi Banjir Kanal Timur, Rorotan, Jakarta Utara, Jumat (29/5/2020). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan tindakan kepada pengendara motor yang tidak mengenakan masker serta memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi mobil dengan plat nomor luar daerah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (29/5) disiarkan Antara dan masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. Dirut baru TransJakarta berpengalaman di berbagai maskapai dunia

Direktur Utama PT TransJakarta Capt Sardjono Jhony Tjitrokusumo memiliki pengalaman di berbagai maskapai dunia.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat malam, pria yang akrab disapa Jhony adalah seorang penerbang yang pernah menjadi Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines 2010-2012, Pendiri dan pemilik Perusahaan Leste Aviation di Timor Leste tahun 2013, Direktur Operasional Bandara Internasional Jawa Barat, Chairman West Java Enterprises Partnership, Pendiri Leste Development And Invesment Company tahun 2016.

Selanjutnya ia juga menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura 1 (Persero) sejak 2017 hingga 2020 yang membawahi portofolio Bisnis Induk Usaha, IT dan Digitalisasi.

Selengkapnya baca disini

2. Anies sampaikan dampak ekonomi akibat COVID-19 mulai terasa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dampak ekonomi dari wabah virus corona (COVID-19) mulai terasa di pemerintahannya.

"Semula ini adalah krisis kesehatan umum, kini sudah mulai terasa sebagai krisis ekonomi," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Saat ini, kata Anies, di Jakarta sudah menunjukkan tanda-tanda wabah melandai dengan berbagai upaya termasuk pembatasan kegiatan secara bersama-sama di semua bidang, tapi masalah yang ada belum selesai, terutama di sektor perekonomian.

Selengkapnya baca disini

3. 23 orang positif COVID-19 di Muara Baru Jakarta Utara

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati menyatakan sebanyak 23 orang warga Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara dinyatakan positif virus corona (COVID-19).

"Mereka merupakan pasien positif orang tanpa gejala (OTG) yang telah melalui uji swab," kata Yudi saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Yudi menjelaskan warga tersebut ditemukan berdasarkan penelusuran kontak virus korona dari Sudin Kesehatan. Warga tersebut tidak memiliki gejala apa pun yang mengindikasikan terjangkit COVID-19.

Selengkapnya baca disini

4. Warga Gang Songsi bantu keluarga berstatus ODP COVID-19

Warga Gang Songsi RW 06 Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat saling membantu menekan penyebaran COVID-19, dengan memfasilitasi satu keluarga berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Ketua RW 06 Tanah Sereal Saad mengatakan, ada satu satu warganya yang dinyatakan positif COVID-19 di malam Idul Fitri, dan meninggalkan 14 anggota keluarganya yang berisiko terpapar virus.

"Setelah shalat Id, mereka kita evakuasi ke mushala, karena mereka emang enggak punya tempat isolasi mandiri, cuma ada di mushala. Kita taruh di lantai dua mushala," ujar Saad di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca disini

5. Pendatang tanpa SIKM harus tes swab biaya sendiri

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta Pusat (Jakpus) Erizon Safari, mengatakan pendatang tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) serta keterangan kesehatan bebas COVID-19 diwajibkan mengikuti tes swab dengan biaya sendiri.

"Kalau memang tertangkap dan tidak punya SIKM, kita undang RS Swasta ke tempat karantinanya untuk melakukan tes swab. Itu pun berbayar mandiri," kata Erizon saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Menurut Erizon, tidak seluruh pendatang tak memiliki SIKM harus ikut tes swab karena terbukti ada juga yang sudah memiliki keterangan bebas COVID-19.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dinsos Cilegon salurkan 30 ton beras kepada warga terdampak COVID-19 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar