Beijing (ANTARA News/AFP) - Ratu Bulu Tangkis China, Xie Xingfang, kemungkinan akan menggantung raket setelah Pesta Olah Raga Nasional bulan Oktober setelah gagal meraih gelar tunggal putri ketiga di kejuaraan dunia di India bulan lalu.

Tetapi, pacarnya, pebulu tangkis nomor satu dunia, Lin Dan, akan terus bermain, kata laporan media resmi.

Xie mendominasi bulu tangkis selama dasawarsa terakhir, tetapi kegagalan merebut medali emas di Olimpiade Beijing dan gelar lainnya di kejuaraan dunia meyakinkannya untuk mundur.

"Xie adalah pemain veteran dan ia merupakan model peran yang baik bagi tim muda," kata pelatih nasional, Li Yongbo, seperti dikutip the China Daily.

"Ia telah melakukan segalanya yang ia dapat lakukan, jadi ia memilih untuk pensiun dari kompetisi internasional setelah kejuaraan dunia.

"Xie telah membuktikan bahwa ia adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Kami menghormati keputusannya. Pesta Olah Raga nasional bulan Oktober kemungkinan merupakan turnamen terakhirnya. Saya yakin ia akan terus mencurahkan dirinya pada olah raga tersebut dengan cara yang berbeda," katanya.

Sementara Xie akan mundur, pacarnya, Lin Dan, akan terus bermain setelah ia meraih gelar juara dunia ketiga kalinya secara beruntun bulan lalu. Ia juga meraih medali emas di Olimpiade Beijing.

"Lin adalah salah satu dari beberapa pemain brilian yang berbakat di cabang olah raga tersebut. Saya dapat katakan ia adalah satu dari pemain yang tak tertandingi selama seabad belakangan ini," kata Li Yongbo.

"Saya minta semua pemain China lainnya untuk belajar dari Lin yang tak pernah patah semangatnya dan tekniknya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009