Liga Spanyol

Espanyol tundukkan 10 pemain Alaves, nyalakan asa hindari degradasi

Espanyol tundukkan 10 pemain Alaves, nyalakan asa hindari degradasi

Penyerang Espanyol Wu Lei merayakan golnya ke gawang Alaves dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton di Stadion RCDE, Barcelona, Spanyol, Sabtu (13/6/2020). (ANTARA/Twitter@RCDEspanyol)

Jakarta (ANTARA) - Espanyol menundukkan tamunya Alaves, yang harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain, demi menyalakan asa menghindari degradasi sebagai pembuka kembalinya mereka kembali merumput setelah musim tertangguhkan oleh pandemi COVID-19 selama tiga bulan terakhir.

Tampil di Stadion RCDE yang tak dihadiri penonton demi mencegah persebaran COVID-19, Espanyol menang 2-0 lewat gol Bernardo Espinosa dan Wu Lei, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kemenangan itu memang belum membuat Espanyol beranjak dari posisi juru kunci klasemen, tetapi raihan 23 poin membuat mereka kini menyamai koleksi Leganes (23) di urutan ke-19 serta kini hanya berjarak tiga poin untuk mengentaskan diri dari zona degradasi.

Sedangkan Alaves (32) tertahan di urutan ke-14, terancam tergusur oleh Real Valladolid (29) yang baru main dalam laga lebih larut nanti.

Baca juga: Panduan menikmati kelanjutan Liga Spanyol
Baca juga: Sebanyak empat pemain Espanyol keluar dari RS setelah tes COVID-19


Tuan rumah mendapat keuntungan besar ketika kiper Alaves, Fernando Pacheco, diganjar hukuman kartu merah oleh wasit Pablo Gonzalez Fuertes karena memegang bola dengan tangannya di luar kotak penalti pada menit ke-20.

Kiper pengganti Roberto Gago yang masuk menggantikan Edgar sempat menggagalkan peluang bagus yang diperoleh Wu Lei pada menit ke-30.

Ketimpangan jumlah pemain akhirnya bisa dimanfaatkan oleh tuan rumah yang membuka keunggulan tepat di pengujung babak pertama kala umpan silang Adri Embarba berhasil diselesaikan oleh Espinosa pada menit ketiga injury time.

Dua menit memasuki babak kedua, Wu Lei menggandakan keunggulan Espanyol memanfaatkan umpan kiriman Embarba demi menaklukkan Roberto.

Espanyol terus berusaha memperbesar marjin keunggulan mereka, tetapi hingga peluit tanda laga usai berbunyi skor 2-0 tak berubah.

Hasil itu menjadi suntikan besar bagi Espanyol yang akan bertandang ke markas Getafe dalam pertandingan selanjutnya pada Selasa (16/6) waktu setempat (Rabu WIB), sedangkan Alaves bakal menjamu Real Sociedad dua hari berselang.

Baca juga: Valencia, Levante berbagi poin usai imbang 1-1 dalam Derbi del Turia
Baca juga: Granada bangkit tundukkan Getafe demi dekati zona Eropa


Susunan pemain:

Espanyol (4-4-2): Oier Olazabal; Javi Lopez, Bernardo Espinosa, Leandro Cabrera, Didac Vila; Oscar Melendo (Matias Vargas), David Lopez (Ander Iturraspe), Marc Roca, Adri Embarba (Sergi Darder); Wu Lei (Raul de Tomas), Jonathan Calleri (Facundo Fereyra)
Pelatih: Abelardo

Alaves (4-4-2): Fernando Pacheco; Navarro Ximo, Victor Languardia, Rodrigo Ely (Tomas Pina), Ruben Duarte; Victor Camarasa (Borja Sainz), Ljubomir Fejsa (Luis Rioja), Edgar (Roberto Gago), Aleix Vidal (Pere Pons); Martin Aguirregabiria, Oliver Burke
Pelatih: Asier Garitano

Baca juga: Sevilla menangi Derbi Sevillano tandai kembalinya Liga Spanyol
Baca juga: Real Madrid lelang jersey yang dipakai lawan Eibar untuk amal
Baca juga: Setien pastikan Suarez bugar untuk merumput lawan Mallorca
Baca juga: Eden Hazard dan Marco Asensio siap diturunkan Zidane lawan Eibar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar