Gunungkidul (ANTARA News) - Sebuah mobil bernomor polisi AD 8713 WH yang ditumpangi 12 wisatawan, terbakar di jalan Yogyakarta - Wonosari di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu.

"Beruntung 12 penumpangnya selamat, karena sempat keluar dari kendaraansebelum api membesar dan menghanguskan mobil," kata sopir mobil itu, Untung Sri Widodo (39) di lokasi kejadian.

Ia mengatakan kemungkinan besar kebakaran disebabkan arus pendek listrik pada kabel di bagian dalam kendaraan.

"Saya sempat melihat percikan api dari rangkaian kabel di bawah batang kemudi, sebelum api membesar," katanya.

Menurut dia, sebelumnya mobil yang dikemudikannya tidak mengalami masalah. "Kami berangkat dari Semarang menuju Pantai Baron, Gunungkidul untuk berwisata. Selama di perjalanan mobil ini tidak mengalami masalah. Mungkin karena melewati banyak tanjakan yang terjal, ketika memasuki wilayah Gunungkidul mesin menjadi panas, dan terjadi arus pendek listrik di dekat mesin," katanya.

Meskipun sempat panik, namun 12 penumpang mobil ini selamat, setelah mereka berhamburan keluar saat api mulai membesar.

"Beruntung semua penumpang berhasil keluar dari kendaraan, sebelum api membesar dan menghanguskan seluruh badan mobil," katanya.

Dia mengatakan setelah semua penumpang berhasil keluar dari mobil, tidak lama kemudian terdengar ledakan cukup keras, yang diduga berasal dari tangki bahan bakar, sehingga menyebabkan seluruh badan mobil terbakar. "Semua barang di dalam mobil terbakar," katanya.

Kejadian ini langsung ditangani pihak kepolisian dan petugas pamadam kebakaran. Kobaran api berhasil dipadamkan, namun mobil tidak dapat diselamatkan, dan seluruh badan kendaraan ini hangus terbakar.

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas kendaraan mengalami kemacetan di ruasJalan Yogyakarta - Wonosari. Sekitar satu jam setelah kejadian itu, lalu lintas kembali normal.

Kerugian akibat terbakarnya mobil ini diperkirakan mencapai Rp30 juta.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009