Jakarta, 30/9 (ANTARA) - Pesta Danau Toba 2009 kembali  digelar di Parapat,  Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 7-11 Oktober 2009. Even tahunan ini diharapkan akan menggairahkan pariwisata Sumut yang tahun 2008 lalu berhasil menarik 152 ribu kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

     "Kegiatan Pesta Danau Toba 2009 ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan daya tarik obyek wisata Danau Toba yang menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumut," kata Wakil Gubernur Provinsi Sumut Gatot Pujonugroho di Gedung Sapta Pesona Jakarta dalam jumpa pers tentang persiapan Sumut Expo 2009 di Jakarta pada 29 Oktober-1 November mendatang.

     Menurut Gatot, kegiatan Pesta Danau Toba 2009 selain untuk mempromosikan potensi wisata Sumut juga mendukung pelestarian seni budaya daerah serta sebagai cerminan tentang kondisi pariwisata Sumut yang kondusif, aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

     Sementara itu Kadis Budpar Sumut Nurlisa Ginting menyatakan,  tahun ini kunjungan wisman ke Sumut diperkirakan mencapai 200 ribu orang, mereka datang dari Malaysia, Singapura, Australia, Jepang dan negara-negara Eropa seperti Belanda dan Jerman. "Selain Danau Toba, Sumut juga memiliki obyek wisata unggulan seperti Nias yang dikenal ke mancanegara sebagai lokasi surfing terbaik  dunia," kata Nurlisa.

     Dirjen Pemasaran Depbudpar DR.Sapta Nirwandar mengharapkan Pemda Sumut gencar melakukan promosi serta meningkatkan pelayanan dan kemudahan aksesibilitas ke obyek-obyek wisata, sehingga akan lebih banyak lagi dikunjungi wisatawan. "Pesta Danau Toba merupakan salah satu upaya untuk menarik wisatawan datang ke sana," kata Sapta Nirwandar.

     Berbagai kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian Pesta Danau Toba 2009  antara lain pentas seni budaya, gebyar panggung Danau Toba, festival kuliner, pemilihan putri Danau Toba, pameran kebudayaan dan lomba marching band.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. 

 


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009