Liga Inggris

Ole puji Rashford soal kampanye makanan gratis anak

Ole puji Rashford soal kampanye makanan gratis anak

Pemain Manchester United Marcus Rashford (REUTERS/PHIL NOBLE)

Sangat membanggakan melihat apa yang dilakukan Marcus selama masa penerapan karantina wilayah ketat
Jakarta (ANTARA) - Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memuji kampanye yang dilakukan penyerangnya, Marcus Rashford, yang berhasil membuat pemerintah Inggris mengubah kebijakan terkait hak makanan gratis bagi anak-anak kalangan rentan.

Menurut Solskjaer, yang dilakukan Rashford itu jauh lebih penting dibandingkan penampilannya di lapangan hijau untuk Setan Merah.

"Sebagai pelatihnya, sangat membanggakan melihat apa yang dilakukan Marcus selama masa penerapan karantina wilayah ketat," kata Solskjaer dalam jumpa pers virtual dilansir Reuters, Kamis.

"Bukan saja ia bisa membuat perdana menteri berubah pikiran, tetapi apa yang dilakukannya dalam beberapa bulan terakhir," ujarnya menambahkan.

"Ia mengubah hidup banyak anak-anak musim panas ini, itu jelas lebih penting dibandingkan pertandingan sepak bola mana pun yang sudah ia mainkan, semoga saja ia bisa melakukan keduanya dengan baik," kata Solskjaer lagi.

Baca juga: Rashford galang dana untuk anak-anak terdampak corona
Baca juga: Rashford surati pemerintah Inggris soal makanan gratis untuk anak-anak


Ketika pandemi COVID-19 memaksa pemerintah Inggris melakukan karantina wilayah ketat, Rashford sudah berhasil menggalang dana untuk pengumpulan bank makanan bagi anak-anak kelompok rentan, yang menurutnya selama ini banyak menggantungkan nasib dari voucher makan siang gratis di sekolahnya.

Belakangan ia menyurati pemerintah Inggris terkait isu serupa, berujung pada kebijakan baru pengadaan makanan gratis selama COVID-19 senilai 120 juta poundsterling.

Atas aktivismenya itu, Rashford digadang-gadang memenangi penghargaan olahragawan terbaik tahunan BBC, tapi Solskjaer menegaskan bahwa pemain berusia 22 tahun itu tak mencari popularitas akan apa yang dilakukannya.

"Saya rasa tidak ada alasan politis bagi Marcus. Tapi ia menggunakan sosoknya sebagai tauladan, pemain Manchester United, pemain hebat, ia bisa mempengaruhi orang dengan cara yang benar, ini bukan soal dia," katanya.

"Selama ini ia memang anak baik-baik dan perubahan yang dilakukannya untuk anak-anak di luar sana sungguh luar biasa," pungkasnya.
 
Penyerang Manchester United Marcus Rashford seusai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (20/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Russell Cheyne)


Baca juga: Rashford janji terus berjuang perangi kemiskinan anak
Baca juga: Marcus Rashford: Makin banyak pesepak bola kampanyekan isu-isu sosial


Solskjaer juga menyebut Rashford dan Paul Pogba mungkin untuk diturunkan ketika MU melanjutkan kembali penampilan di Liga Inggris di kandang Tottenham Hotspur, setelah keduanya sembuh di tengah penangguhan musim.

MU saat ini berada di urutan kelima klasemen dengan koleksi 45 poin dan perlu melunasi defisit tiga poin untuk menembus zona Liga Champions.

Baca juga: Solskjaer ungkap rencana duetkan Paul Pogba dan Bruno Fernandes
Baca juga: Solskjaer ingin manfaatkan aturan baru jelang "restart" Liga Inggris
Baca juga: Tes COVID-19 Liga Premier terkini ditemukan satu kasus positif

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar