Untuk kalahkan WhatsApp dan Zoom, Microsoft siapkan Teams personal

Untuk kalahkan WhatsApp dan Zoom, Microsoft siapkan Teams personal

Tampilan fitur panggilan video dan obrolan pribadi Microsoft Teams. (ANTARA/Microsoft)

Jakarta (ANTARA) - Berupaya mengalahkan WhatsApp, Zoom, dan aplikasi telekonferensi lainnya, Microsoft tidak lama lagi bakal meluncurkan Teams personal yang tersedia untuk perangkat Google Android maupun iOS Apple.

Dengan fitur personal di aplikasi Teams, pengguna bisa memiliki dua akun: satu untuk urusan kerja atau kantor dan satu lagi untuk tetep terhubung dengan keluarga serta teman. Semua dalam satu aplikasi!

Selama masa pandemi COVID-19, banyak orang harus menjalankan berbagai peran sekaligus, sebagai pekerja di kantor, mengatur rumah tangga, hingga menjadi mentor bagi anak-anaknya yang belajar di rumah.

"Kebutuhan untuk terhubung, berkolaborasi, dan bersama-sama mengatur kehidupan kita adalah mengapa kami memperluas Microsoft Teams di luar kelompok kerja," kata Liat Ben-Zur, Corporate Vice President, Modern Life, Search, and Devices di Microsoft.

Baca juga: Zoom tawarkan opsi enkripsi untuk pengguna gratis

Baca juga: Survei: Webinar berbayar kian diminati di masa "new normal"


Fitur-fitur baru Teams, termasuk akun personal telah dirilis dalam versi pratinjau aplikasi seluler Senin (22/6), dan akan sepenuhnya diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang, jelas Ben-Zur di blog Microsoft, dikutip Selasa.

Saat ini, orang menggunakan banyak aplikasi dan alat yang tidak saling terhubung (terputus--online dan offline)-- seperti kalender, email, pesan, aplikasi foto, daftar pekerjaan yang harus dilakukan, dan dokumen--, untuk mengatur semuanya.

Dengan peningkatan kemampuan ini, Microsoft Teams mungkin akan menjadi aplikasi paling mumpuni di antara aplikasi perpesanan dan telekonferensi seperti WhatsApp, Zoom, Facebook Messenger, maupun Google Meet.

Alasannya, karena Teams bisa menampung akun kerja dan personal dalam satu aplikasi, selain terintegrasi dengan aplikasi perkantoran (offices) Microsoft 365 sehingga pengguna mudah menampilkan dan berkolaborasi kerja via Teams.

Sementara Teams personal memungkinkan pengguna bisa mengobrol secara personal dengan teman dan keluarga, melakukan panggilan video, berbagi foto dan video serta dokumen lain semudah di WhatsApp.

Baca juga: Tiga perangkat pendukung Zoom maksimalkan kelas daring

Baca juga: Pakar: Zoombombing dalam webinar UIN Malang tunjukkan Zoom belum aman

 
Tampilan fitur berbagi lokasi di Microsoft Teams. (ANTARA/Microsoft)


Dengan fitur-fitur baru, Microsoft berharap dapat memperluas kekuatan Teams di luar skenario kerja ke kehidupan pribadi pengguna.

Jika saat ini Anda menggunakan aplikasi seluler Teams di kantor, cukup klik ke dalam pengaturan, dan pilih Tambahkan akun. Anda kemudian dapat masuk dengan akun Microsoft pribadi Anda, atau membuat yang baru dengan nomor telepon Anda.

Melalui pengaturan, Anda kemudian dapat beralih antara akun pribadi dan akun kerja Anda.

Jika Anda belum menggunakan Teams, kunjungi toko aplikasi di iOS atau Android untuk mengunduh aplikasi seluler dan mendaftar dengan akun Microsoft pribadi, atau buat yang baru dengan nomor telepon Anda.

Setelah mendaftar, mulailah mengundang teman dan keluarga dan buat grup Anda.

Ketersediaan umum dari fitur-fitur baru, serta perluasan fitur ke versi Teams desktop dan web diharapkan akhir tahun ini.

Baca juga: Microsoft hubungkan Teams dan Skype, pengguna bisa saling mengobrol

Baca juga: Mirip Zoom, Microsoft Teams akan tampilkan 49 orang dalam layar

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ini penjelasan juru bicara terkait menyebaran virus corona melalui udara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar