Pupuk Indonesia libatkan 30.195 UMKM untuk pengadaan barang jasa

Pupuk Indonesia libatkan 30.195 UMKM untuk pengadaan barang jasa

Pabrik Pupuk Indonesia Grup. (ANTARA/Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero))

Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatat telah melibatkan sebanyak 30.195 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa di lingkungan bisnis Pupuk Indonesia Grup.

Jumlah tersebut terdiri dari 3.519 pelaku usaha mikro, 9.451 usaha kecil dan 17.225 usaha menengah.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan, kegiatan usaha UMKM yang terlibat meliputi bidang Jasa Ekspedisi dan Pengepakan, Pengadaan Peralatan Mesin, Pengadaan peralatan elektronik, Perawatan Peralatan Mesin serta Jasa Advertising.

"Pupuk Indonesia Grup berkomitmen untuk lebih mengoptimalkan besaran belanja pada sektor UMKM demi meningkatkan kembali geliat perekonomian," kata Wijaya di Jakarta, Kamis.

Ada pun total transaksi belanja barang dan jasa Pupuk Indonesia ke UMKM mencapai Rp7,2 triliun, yang terdiri dari Rp113 miliar kepada usaha mikro; Rp900,3 miliar kepada usaha kecil dan Rp6,19 triliun kepada usaha menengah.

Wijaya menambahkan bahwa nantinya Pupuk Indonesia Grup akan turut serta lebih aktif dalam pengembangan platform Pasar Digital (PaDi) UMKM yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal itu sebagai langkah mengoptimalkan besaran belanja BUMN pada sektor UMKM dan memperkuat perekonomian dengan memanfaatkan layanan Information and Communication Technology (ICT).

Pupuk Indonesia juga aktif memberikan bantuan dan pembinaan kepada masyarakat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Sepanjang 2019, kami telah menyalurkan dana sebanyak Rp114,1 miliar untuk Program Kemitraan yang diberikan kepada 1.286 Mitra Binaan," kata Wijaya.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bangkitkan UMKM saat pandemi, BI Jember gelar peragaan busana batik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar