Jakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bekerja sama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) akan mengadakan Pamaren Perpustakaan dan Buku 2009 (Indonesia Library and Publisher Expo 2009) di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, 17-25 Oktober 2009.

Kepala Perpusnas Dady P Rachmananta yang juga sebagai ketua umum Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) mengemukakan hal itu di Jakarta, Jumat, didampingi Sekjen Ikapi Robinson Rusdi.

Dady menjelaskan, pameran perpustakaan dan buku dimaksudkan juga untuk menyambut Kongres XI IPI di Batam, Kepri, 19-22 Oktober 2009 yang diisi seminar bertemakan "Pelestaraian Budaya, Kekuatan Bangsa" serta memilih pengurus baru IPI dan menyusun program kerja IPI periode 2009-2012.

Menurut Dady, pameran perpustakaan dan buku di Jakarta dimaksudkan sebagai sarana tukar menukar informasi antara perpustakaan dan penerbit, sehingga perpustakaan dan penerbit memiliki satu tujuan untuk meningkatkan budaya baca.

Kegiatan itu juga untuk memperkenalkan koleksi unggulan perpustakaan daerah yang ditampilkan melalui, seni, budaya dan menampilkan muatan lokal daerah masing-masing, serta membudayakan kunjung perpustakaan dan mempromosikan keberadaan perpustakaan serta mengoptimalkan fungsi perpustakaan.

Dady mengharapkan, pameran perpustakaan dan buku yang baru pertama kali akan mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari seluruh penggeliat perpustakaan dan penerbit buku serta masyarakat umum serta akan menjadi alat komunikasi yang efektif antara pustakawan, penerbit, toko buku, distributor dan masyarakat luas.

Sementara itu, Robinson Rusdi mengatakan, acara pameran di Istora Senayan, Jakarta akan diikuti 60 penerbit buku dan 30 perpustaakan milik departemen, kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia. Dalam pameran buku juga akan ada potongan harga sampai dengan 70 persen.

Dalam pameran, juga akan diadakan sarasehan pustakawan dan penerbit (17/10), lomba mendongeng  anak usia 7-9 tahun (18/10), lomba perpustakaan sekolah (19/10), diskusi buku "Kakawin Sutasoma" Karya Mpu Tantular (21/10), seminar mengelola perpustakaan bersama Pusat Informasi Kompas (22/10), dan workshop speed reading (23/10).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009