Kemarin, tujuh pabrik akan relokasi ke RI hingga program KPR syariah

Kemarin, tujuh pabrik akan relokasi ke RI hingga program KPR syariah

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara Peninjauan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). Dalam kunjungan tersebut, Presiden meninjau kesiapan pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang dengan luas lahan sekitar 4.000 hektare yang terintegrasi dengan jalan tol, stasiun, pelabuhan, serta terdapat beberapa investor di antaranya dari negara Tiongkok, China, Jepang, Korea, Taiwan, dan Amerika dengan tujuan membuka lapangan pekerjaan. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/pras.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi mulai dari tujuh perusahaan asing akan merelokasi pabriknya ke Indonesia hingga BNI Syariah mulai memasarkan produk KPR Sejahtera Syariah mewarnai pemberitaan ekonomi, Selasa (30/6/2020) kemarin.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden Jokowi senang, 7 perusahaan asing relokasi pabrik ke RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terdapat tujuh perusahaan dari negara lain yang sudah memastikan akan merelokasi pabriknya ke Indonesia, dan ada 17 perusahannya lainnya yang sudah menyatakan komitmen untuk menanamkan modal di Tanah Air.

“Saya senang hari ini ada tujuh yang pasti. Kemudian ada 17 yang miliki komitmen besar, sudah masuk 60 persen hampir 100 persen,” kata Presiden Jokowi saat meninjau kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


2. Menkeu: Belanja kesehatan penanganan COVID-19 tidak hanya di Kemenkes

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan belanja kesehatan untuk penanganan pandemi COVID-19 tidak hanya berada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tetapi juga di Gugus Tugas dan BPJS Kesehatan.

"Dalam hal ini ada yang berpersepsi bahwa anggaran kesehatan baru cair sedikit, seolah-olah itu hanya tanggung jawabnya Kemenkes, sebenarnya tidak juga, karena memang banyak jalurnya," katanya dalam jumpa pers virtual BNPB di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


3. Kementan paparkan penyebab masuknya jamur enoki mengandung Listeria

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian memaparkan masuknya produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan di seluruh pintu masuk komoditas yang diimpor. Khusus dari Korea Selatan, Karantina Pertanian pun juga memastikan adanya sertifikat hasil uji laboratotrium (cerifiticate of analysis/CoA).

Baca selengkapnya di sini


4. Ini perusahaan e-commerce yang bakal pungut PPN produk digital impor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan kriteria pelaku usaha yang akan ditunjuk sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas transaksi barang atau jasa dari luar negeri melalui sistem elektronik.

“Penunjukan pemungut PPN produk digital luar negeri dilakukan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pajak,” demikian kutipan dari keterangan resmi DJP Kemenkeu yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini


5. BNI Syariah mulai pasarkan KPR Subsidi FLPP Sejahtera Syariah

BNI Syariah mulai memasarkan KPR Subsidi Syariah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan produk KPR Sejahtera Syariah, setelah resmi ditunjuk sebagai bank penyalur KPR Syariah FLPP tahun 2020 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan, penyaluran pembiayaan rumah subsidi merupakan wujud komitmen bank dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang dikelola melalui Kementerian PUPR.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penyerapan anggaran untuk bidang kesehatan sudah 4,68 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar