Liga Spanyol

Sociedad buat Espanyol kian terbenam di dasar klasemen

Sociedad buat Espanyol kian terbenam di dasar klasemen

Foto arsip - Penyerang Real Sociedad Alexander Isak melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona pada 14 Desember 2019. Isak kembali mencetak gol untuk menentukan kemenangan Sociedad atas Espanyol di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Kamis (2/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Ander Gillenea)

Jakarta (ANTARA) - Real Sociedad membuat Espanyol kian terbenam di dasar klasemen Liga Spanyol setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-33 tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Espanyol sempat unggul lebih dulu lewat gol David Lopez, tetapi Willian Jose dan Alexander Isak mengantarkan Sociedad bangkit untuk mengantungi tiga poin penuh, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Sementara hasil itu mengunci posisi Espanyol sebagai juru kunci dengan koleksi 24 poin, Sociedad (50) mengamankan kembali peringkat ketujuh klasemen setelah sempat digusur oleh Athletic Bilbao (48) selama 24 jam.

Baca juga: Bilbao hidupkan asa Eropa sembari redupkan harapan Mallorca bertahan

Lima menit memasuki pertandingan Jose berhasil menjebol gawang tim tamu memanfaatkan umpan terobosan dari Nacho Monreal, tetapi gol itu dianulir setelah wasit meninjau VAR dan mendapati penyerang Sociedad itu lebih dulu terjebak offside.

Espanyol justru mencuri keunggulan pada menit ke-10 memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri umpan silang Adri Embarba yang disambut tandukan tajam David Lopez.

Gol itu menghidupkan asa Espanyol dalam perjuangan menghindari degradasi dan tim yang kini didampingi Francisco Rufete sebagai pelatih interim itu mati-matian berusaha mempertahankan keunggulan yang mereka miliki dan mampu mempertahankannya hingga turun minum.

Babak kedua diawali dengan pemandangan serupa, Sociedad banyak menyerang dan Espanyol merapatkan pertahanan mereka. Pada menit ke-56, pertahanan Espanyol jebol ketika umpan silang Mikel Oyarzabal bisa diselesaikan dengan sepakan tanpa cela Jose yang mengubur bola ke pojok kiri bawah gawang dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Gol itu seolah melecut semangat juang para pemain Espanyol, yang hampir merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-61 tapi tembakan Raul de Tomas masih bisa diamankan kiper Miguel Angel Moya.

Baca juga: Villarreal tembus lima besar saat Valladolid dan Levante berbagi poin

Sayangnya momentum Espanyol berlalu dan Sociedad kembali mengambil kendali permainan kendati beberapa peluang dari Joseba Zaldua dan Nacho Monreal belum membuahkan hasil.

Kerja keras Sociedad akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-84, ketika Isak yang baru dua menit masuk lapangan menggantikan Jose berhasil menjebol gawang tim tamu dengan tembakan dari tengah kotak penalti untuk membawa tuan rumah berbalik memimpin 2-1.

Semenit jelang bubaran waktu normal, Espanyol berusaha membalas tetapi sundulan jarak jauh Wu Lei mudah saja dijinakkan oleh Moya dan skor 2-1 untuk Sociedad bertahan hingga aba-aba bubaran terdengar.

Sociedad selanjutnya akan bertandang ke markas Levante pada Minggu (6/7) waktu setempat, sehari setelah Espanyol menjamu Leganes di Stadion RCDE.

Baca juga: Granada jaga peluang ke Eropa setelah menang di Alaves
Baca juga: Valencia kalah lagi, dipermalukan Bilbao di kandang sendiri


Susunan pemain:

Real Sociedad (4-4-2): Miguel Angel Moya; Joseba Zaldua (Aritz Elustondo), Diego Llorente, Robin Le Normand, Nacho Monreal; Adnan Januzaj (Martin Odegaard), Igor Zubeldia (Martin Zubimendi), Mikel Merino, Mikel Oyarzabal; Portu, Willian Jose (Alexander Isak)
Pelatih: Imanol Alguacil

Espanyol (4-2-3-1): Diego Lopez; Victor Gomez, Bernardo Espinosa, Leandro Cabrera, Didac Villa; David Lopez (Victor Sanchez), Marc Roca; Adri Embarba (Jonathan Calleri), Oscar Melendo (Wu Lei), Nico Melamed (Sergi Darder); Raul de Tomas (Victor Campuzano)
Pelatih: Francisco Rufete

Baca juga: Quique Setien dibayang-bayangi pemecatan
Baca juga: Inter Milan rampungkan transfer Hakimi dari Real Madrid

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar