London (ANTARA News/AFP) - Saham di bursa-bursa utama Eropa berakhir bervariasi pada Jumat waktu setempat, setelah "rally" pada awal perdagangan, karena memudarnya antusiasme investor jelang laporan pendapatan perusahaan minggu depan dan raksasa perangkat lunak Microsoft melaporkan labanya jatuh.

Namun di London, indeks FTSE 100 cenderung menantang dan ditutup dengan keuntungan 0,68 persen pada 5.242,57 poin.

Di Paris, indeks CAC 40 jatuh 0,33 persen menjadi ditutup pada 3.808,24, sementara di Frankfurt, indeks Dax turun 0,39 persen menjadi berakhir pada 5.740,25 poin.

Penurunan juga terjadi turun di Brussels 0,36 persen, di

Milan 1,65 persen, di Madrid 0,75 persen, di Amsterdam 0,17 persen dan Swiss Market Index turun 0,43 persen.

Di Wall Street pasar dibuka lebih tinggi, tetapi masuk ke wilayah negatif karena pedagang bereaksi terhadap hasil dari Microsoft dan perusahaan lain seperti Amazon dan Honeywell International.

Microsoft melaporkan bahwa keuntungan bersihnya turun 18 persen pada kuartal pertama tahun fiskal, namun hasilnya masih melebihi ekspektasi pasar.

"Dengan saham sudah mendekati tertinggi 2009, pedagang merenungkan berapa banyak valuasi saham saat ini sudah mencerminkan prospek yang lebih baik untuk perusahaan penghasilan," kata para analis Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Tapi mereka menambahkan bahwa "sementara tingkat penghasilan secara universal lebih baik daripada proyeksi, memiliki tingkat pendapatan lebih bervariasi, yang menjadi isu utama lain bagi para pedagang musim penghasilan ini."

Analis Briefing.com Patrick O`Hare mengatakan pasar melacak dengan hati-hati pendapatan perusahaan utama, walaupun mereka umumnya lebih baik dari yang diharapkan.

"Daftar kejutan positif berlangsung terus-menerus, bukan hanya hari ini, tetapi untuk seminggu," katanya.

"Kami tidak tahu apakah itu berarti analis telah cukup menyedihkan buruk dengan perkiraan mereka atau apakah mengungkapkan bagaimana perusahaan salah urus jika mereka masih memiliki begitu banyak ruang untuk memotong pengeluaran."

Lainnya menunjukkan bahwa investor mungkin mencari untuk mengunci keuntungan setelah rally menakjubkan yang telah memicu indeks utama mendekati tertinggi mereka untuk 2009.

Investor di Eropa juga enggan untuk melakukan sendiri jelang laporan penghasilan perusahaan minggu depan.

"Tren pasar (di Paris) telah terhenti setelah rally yang luar biasa" dan dalam antisipasi dari "hasil Eropa (perusahaan) utama," kata Xavier de Villepion dari Global Equities.

Juga membebani sentimen di Eropa adalah kenaikan mantap euro,

"yang menjadi kendala pada eksportir," katanya, sambil menunjuk ke sebuah penurunan 3,0 persen menjadi 5,92 euro diderita oleh pebuat chip STMicroelectronics.

Ada sedikit reaksi di London Stock Exchange untuk berita bahwa Inggris gagal mengusir resesi di kuartal ketiga.

Perusahaan pertambangan berada di antara pemenang hari ini di London dengan Anglo American bertambah 4,16 persen menjadi 2.380 pence sementara Rio Tinto ditutup dengan keuntungan 2,23 persen di 3,000.5 pence.

Frankfurt Dax itu juga terpengaruh oleh berita makroekonomi, terutama indeks keyakinan utama yang datang seperti yang diharapkan.

Saham teknologi jatuh, dengan Infineon turun 2,39 persen menjadi ditutup pada 3,48 euro.

Sebaliknya, maskapai penerbangan pembawa bendera Jerman Lufthansa naik 1,67 persen berakhir pada 11,60 euro setelah mengumumkan rencana untuk membeli saham maskapai penerbangan Austria AUA.

Sebelumnya, pasar Asia Jumat bangkit kembali dari dua hari kerugian karena optimis hasil perusahaan di Amerika Serikat membuat investor kembali dalam suasana hati membeli.

Hong Kong naik 1,71 persen, Sydney dan Shanghai masing-masing naik 0,97 persen dan 1,85 persen sementara Tokyo 0,15 persen lebih tinggi.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009