Palembang (ANTARA News) - PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku manajemen Sriwijaya FC (SFC) berjanji melunasi tunggakan gaji pemain sebelum laga kontra Persitara Jakarta Utara, di Palembang, 21 November 2009.

"Kami tidak mau ini menjadi ganjalan dan pemain bertanya-tanya terus kapan gaji dibayar. Kali ini kami tegaskan, gaji akan dibayarkan sebelum laga melawan Persitara," kata Hendri Zainuddin, Direktur Teknik PT SOM, di Sekretariat SFC, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis, menanggapi keluhan pemain SFC.

Dia menyatakan, sebenarnya soal tunggakan gaji itu tidak seluruh pemain SFC mengeluhkannya, mengingat tunggakan baru berkisar dua bulan.

"Memang ada beberapa pemain yang telah mengeluhkan hal ini secara langsung, tapi ada juga beberapa pemain yang sama sekali tidak mempermasalahkannya," kata dia.

Menurut dia, keadaan ini dimungkinkan karena pemain telah menerima 25 persen uang muka (DP) kontrak kerja, beberapa waktu lalu.

"Yang menjadi permasalahan saat ini, kami perlu memberikan pengertian kepada pemain yang masih mengeluhkan keadaan ini, karena memang kondisi keuangan klub sedang terbatas," ujar dia pula.

PT SOM belum menuntaskan tunggakan pembayaran gaji dan DP kontrak kerja pemainnya.

Rincian pembayaran itu, untuk pemain anyar, baru menerima DP sebesar 25 persen, dan belum menerima gaji di bulan Oktober 2009.

Sedangkan pemain lama, belum menerima gaji di bulan terakhir musim lalu yakni bulan Juli 2009, sisa DP, dan gaji bulan Oktober 2009.

"Kami memahami keluhan para pemain ini, karena sebagian besar dari mereka adalah tulang punggung keluarga. Tapi, kami memiliki prioritas di saat dana APBD belum dicairkan," ujar Hendri pula.

Dia menjelaskan, manajemen harus membuat pilihan mengatasi masalah tersebut. Jika fokus membayar gaji pemain, maka SFC tidak akan mendapatkan pemain baru dan mempertahankan pemain lama lantaran dana yang tersedia terbatas, kata dia.

"Kami belum ada pemasukan, jadi inilah langkah terbaik yang harus dipilih untuk sementara," ujar Hendri.

Beberapa waktu lalu, KONI Sumsel menyatakan telah menyediakan dana Rp5 miliar untuk SFC menghadapi putaran pertama musim ini.

Berdasarkan sumber yang namanya tidak mau disebutkan, hingga saat ini dana tersebut belum bisa dicairkan karena masih terganjal pemasalahan administrasi.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009