Jakarta (ANTARA) - Liga Champions Asia akan dilanjutkan kembali di dua kawasan pada September dan Oktober dengan sebuah pertandingan penentu juara diadakan awal Desember, umum Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) seperti dikutip Reuters, Kamis.

Kompetisi klub elite di Asia yang ditangguhkan awal Maret lalu karena wabah virus corona itu akan bergulir lagi pertama di Asia Barat pada 14 September dan di Asia Timur pada 16 Oktober di satu arena pertandingan di masing-masing wilayah yang masih belum dipastikan.

Pertandingan fase grup akan dimainkan dalam sistem kompetisi penuh seperti sudah direncanakan. Namun pertandingan babak berikutnya dimainkan dalam format satu pertandingan, bukan lagi format dua leg pertandingan.

Tim-tim akan saling berhadapan berdasarkan wilayah barat dan timur sampai final yang mempertemukan yang terbaik dari masing-masing wilayah pada 5 Desember.

Baca juga: Sejumlah pertandingan Liga Champions Asia ditunda karena virus corona

Empat laga pertama melibatkan tim-tim dari Uni Emirat Arab, Iran, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Irak di wilayah Barat. Sedangkan Perth Glory Australia akan menghadapi Shanghai Shenhua dari China dalam pertandingan pembuka wilayah Timur.

Piala AFC juga akan dilanjutkan dengan memakai format Barat dan Timur yang akan mulai akhir Oktober dan final 12 Desember.

"Meskipun di tengah masa yang menantang, saya senang bahwa kita tengah menyaksikan kemajuan yang lebih menggairahkan untuk kembalinya banyak liga domestik ke lapangan dan bersama itu muncul ekspektasi bahwa kita bisa menyelesaikan baik Liga Champions AFC maupun Piala AFC dalam beberapa bulan ke depan," kata Sekretaris Jenderal AFC Windsor John dalam satu pernyataan.

Piala Asia U-19 yang tengah ditunda akan dimainkan kembali di Uzbekistan dari 14 sampai 31 Oktober, sedangkan turnamen U-16 kawasan ini dimainkan dari 25 November sampai dengan 12 Desember di Bahrain.

Baca juga: AFC perpanjang penundaan kompetisi gara-gara COVID-19
Baca juga: AFC umumkan usulan jadwal baru kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia
Baca juga: AFC batalkan seremoni anugerah tahunan, termasuk Pemain Terbaik Asia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020