Jakarta (ANTARA) - Bournemouth memetik poin perdana sejak Liga Inggris dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19 setelah menahan imbang tamunya Tottenham Hotspur dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-34 tanpa penonton di Stadion Vitality, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Bournemouth sebetulnya dua kali menyarangkan bola ke gawang Tottenham tapi dua kali pula keputusan wasit dan VAR tak memihak serta menganulirnya sehingga laga berakhir nirgol, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Dengan tambahan satu poin itu, Bournemouth untuk sementara naik ke urutan ke-18 dengan koleksi 28 poin dan kini berjarak tiga poin dari zona aman. Kendati demikian Bournemouth bisa melorot lagi jika Aston Villa (27) menang atau memetik poin dalam laga lebih larut.

Sebaliknya bagi Tottenham (49) hasil itu hanya cukup mengantarkan mereka naik satu strip ke urutan kesembilan setelah dilompati Sheffield United (51) dan Burnley (49) sehari sebelumnya.

Baca juga: Dele Alli absen melawan Bournemouth
Baca juga: Eric Dier dilarang empat laga karena ribut dengan suporter


Lima menit memasuki pertandingan, Erik Lamela dan Harry Kane jatuh di dalam kotak penalti tim tamu sehingga kubu Tottenham meminta hadiah tendangan 12 pas, tetapi wasit tak mengabulkannya setelah tinjauan VAR.

Pertandingan kemudian sempat terganggu ketika Jefferson Lerma dan Moussa Sissoko terlibat cekcok sehingga wasit memberi kartu kuning untuk kedua pemain.

Tepat di pengujung babak pertama Junior Stanislas berhasil melepaskan tembakan menerobos kerumunan pemain di tengah kotak penalti tetapi kiper Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang sehingga skor tetap imbang ketika kedua tim beristirahat.

Tottenham baru bisa mengancam lima menit setelah sepak lanjut babak kedua lewat situasi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti, tetapi eksekusi keras Kane tak bisa menembus pagar hidup.

Para pemain kedua tim tampak dilanda kekhawatiran ketika bek Bournemouth, Adam Smith, terkapar di dekat garis pembatas lapangan dan tampak tidak menyadarkan diri hingga tim medis menandunya keluar dari lapangan dengan selang oksigen bantuan pernapasan.

Baca juga: Eddie Howe tak takut dipecat Bournemouth
Baca juga: Eddie Howe tak butuh jaminan meski Bournemouth kian terpuruk


Pertandingan selanjutnya diwarnai saling serang tapi tak satu pun kubu berhasil memetik hasil hingga pada menit ke-85 Callum Wilson mengirim umpan silang yang bisa ditanduk oleh Joshua King, tetapi hakim garis terlanjur mengangkat bendera pertanda offside.

Empat menit kemudian, Bournemouth menganggap mereka sudah berhasil memperoleh keunggulan lewat tendangan akrobatik Wilson yang bersarang ke area kanan gawang. Sayangnya tinjauan VAR memperlihatkan bola terlebih dulu mengenai tangan King sehingga gol dianulir.

Wasit Paul Tierney memutuskan memberi injury time 12 menit sebagai pengganti banyaknya menit yang terbuang di waktu normal.

Enam menit memasuki injury time, Bournemouth punya peluang emas untuk mencetak gol penentu kemenangan ketika King mengirim umpan silang kepada Harry Wilson yang berdiri bebas, sayang ia gagal menaklukkan Lloris dalam situasi satu lawan satu.

Sebaliknya, Tottenham sempat menciptakan kemelut di depan gawang Bournemouth tapi tak bisa menghasilkan apapun dan pertandingan berakhir imbang nirgol ketika aba-aba bubaran berbunyi.

Kedua tim akan melakoni laga pekan ke-35 masing-masing pada Minggu (12/7) dengan Tottenham menggelar Derbi London kontra Arsenal dan Bournemouth menjamu Leicester City di Stadion Vitality.

Baca juga: Solskjaer rendah hati tetapi bisa sangat tegas
Baca juga: Guardiola sanjung tinggi David Silva usai lumat Newcastle
Baca juga: Klasemen Liga Inggris seusai Liverpool dan Man City kompak menang


Susunan pemain:

Bournemouth (4-4-2): Aaron Ramsdale; Adam Smith (Jack Stacey), Nathan Ake, Lloyd Kelly, Diego Rico; David Brooks (Harry Wilson), Dan Gosling, Jefferson Lerma, Junior Stanislas; Joshua King, Callum Wilson
Pelatih: Eddie Howe

Tottenham Hotspur (4-3-3): Hugo Lloris; Serge Aurier (Gedson Fernandes), Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Moussa Sissoko (Lucas Moura), Harry Winks, Giovani Lo Celso (Tanguy Ndombele); Erik Lamela, Harry Kane, Steven Bergwijn (Son Heung-min)
Pelatih: Jose Mourinho

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020