Jakarta (ANTARA News) - Petenis putri Indonesia Lavinia Tananta (22) berhasil menjuarai Turnamen Tenis ITF Kuching Open setelah di final menundukkan rekannya Jessy Rompies 6-1, 7-5, Minggu.

Lavinia yang dalam turnamen ini menempati unggulan pertama sempat mendapat perlawanan yang cukup menyulitkan dari Jessy yang menempati unggulan kedua pada turnamen berhadiah total 10.000 dolar AS itu.

Seperti dikutip dari situs ITF, sebelumnya pada Sabtu lalu Lavinia yang berpasangan dengan Romana Tedjakusuma juga meraih gelar juara di ganda dengan menundukkan unggulan keempat Han Na Lae/Kang (Korsel) 6-2, 7-5.

Petenis kelahiran Semarang 3 November 1987 ini mulai bermain tenis sejak usia tujuh tahun. Lavinia yang di ITF menempati peringkat 388 dunia menjadikan kedua gelar tersebut sebagai kado teristimewa pada hari ulang tahunnya.

Pada tahun ini Lavinia sudah mencatat kemenangan 28 kali dalam karirnya di tunggal, sedangkan di ganda 29 kali. Namun dalam karirnya di level tour baru dua kali menjuarai turnamen internasional dan sekali di ganda.

Prestasi puncak yang pernah diraih di kancah nasional adalah menjuarai Seri Master Garuda Indonesia Tennis Master pada Desember 2008 setelah di final menundukkan kompatriotnya Ayu Fani Damayanti.

Selain menjadi anggota Timnas Fed Cup Indonesia, Lavinia pernah menjuarai turnamen dengan level 10.000 dolar AS di Manila Open Filipina 2008 dan Jakarta Open 2006.

Dalam karir di ganda turnamen internasional ia pernah lima kali juara yakni di Tanjung Selor berhadiah total 25.000 dolar AS pada tahun 2009 saat berpasangan dengan Ayu Fani Damayanti.

Di ajang hadiah total 10.000 dolar AS berpasangan dengan Jessy Rompies tampil juara di Manila Open pada 2008 dan tahun yang sama menjuarai Balikpapan Open berpasangan dengan Sandy Gumulya.

Pada 2007 saat berpasangan dengan Vivien Silfany-Tony ia menjuarai Tarakan Open 10.000 dolar AS. Sedangkan pada 2006 ia menjuarai turnamen kelas yang sama Muzaffarnagar India saat berpasangan dengan Wei-Ping Lee asal China.

Selama karirnya sejak terjun di tenis pro Lavinia sudah mengantongi 28.902 dolar AS.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009