Garut (ANTARA News) - Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Ahmad Helmy Faishal Zaini banyak menerima keluhan masyarakat Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ketika berkunjung ke desa itu, Minggu.

Salah satu yang dikeluhkan masyarakat adalah kondisi jalan yang menghubungkan desa itu dengan kota kabupaten melalui Kecamatan Papandayan sepanjang 25 kilometer yang rusak.

"Kondisi jalan ini tetap sama sejak zaman Belanda, padahal katanya, sekarang sudah menjadi jalan kabupaten," kata salah seorang tokoh masyarakat setempat saat berdialog dengan Helmy.

Padahal, lanjutnya, jalan yang melintasi areal kebun teh milik PTPN VIII itu merupakan jalur vital bagi mereka.

Menanggapi berbagai keluhan tersebut Helmy berjanji akan membicarakannya dengan sejumlah kementerian atau departemen terkait, seperti Departemen Pekerjaan Umum.

"Kami akan segera melakukan koordinasi dengan kementerian terkait. Mudah-mudahan dalam satu sampai dua tahun ke depan, jalan Papandayan-Panawa bisa diperbaiki," katanya.

Menurut Helmy, selaku Menteri PDT, ia memang diperintahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk rajin turun langsung ke daerah untuk melihat langsung kebutuhan masyarakat dan menyusun program yang bisa dikembangkan.

Harus diakui, kata Helmy, memang masih banyak desa yang tergolong tertinggal di Indonesia, jumlahnya lebih dari 30 ribu desa. Sudah menjadi komitmen pemerintah untuk mengentaskannya secara bertahap.

"Dalam kontrak politik, oleh Presiden saya diberi target mengentaskan minimal 50 kabupaten tertinggal," kata menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Bersatu II tersebut.

Dalam kunjungannya ke Desa Panawa itu, Helmy juga meninjau unit produksi susu yang sapi perahnya merupakan bantuan dari Kementerian PDT.

Melalui instrumen Percepatan Pembangunan Kawasan Produksi Daerah Tertinggal (P2KPDT), pada tahun 2008 Kementerian PDT telah menyerahkan bantuan 80 ekor sapi perah untuk Desa Panawa dan Desa Mekarjaya, Kecamatan Sokaresmi.

"Untuk tahun 2009 ini Kementerian PDT akan menambah lagi bantuan 90 ekor sapi dan pembangunan lima instalasi reaktor Biogas untuk Kabupaten Garut," kata Helmy.

Selain itu juga akan diserahkan bantuan 100 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dialokasikan untuk masyarakat Desa Linggajati, Kecamatan Pamulihan, dan dua unit pompa hydran beserta instalasi perpipaan dan tangki penyimpanan untuk Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Banjarwangi.

Pada tahun 2008, melalui instrumen Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Daerah Terftinggal (P2IPDT), Kementerian PDT telah memberikan bantuan satu unit PLTS terpusat berkapasitas 5 KW untuk 32 KK dan 75 PLTS tersebar berkapasitas 50 WP untuk 75 KK.

Terkait program 100 hari kementerian yang dipimpinnya,
sejak Jumat (6/11), Helmy mulai melakukan kunjungan kerja ke kabupaten teringgal dimulai di Kabupaten Lampung Selatan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009