PM Spanyol hadapi "saat-saat sangat sulit" jelang KTT Uni Eropa

PM Spanyol hadapi "saat-saat sangat sulit" jelang KTT Uni Eropa

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez memberikan keterangan pada konferensi pers setelah rapat kabinet pertama di Istana Moncloa di Madrid, Spanyol, Selasa (14/1/2020). (REUTERS/JON NAZCA)

Kami memiliki pandangan berbeda tentang jawaban krisis, namun kami memiliki tujuan yang sama
Stockholm (ANTARA) - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Rabu mengatakan bahwa dirinya menghadapi "waktu yang sangat sulit" ketika mengunjungi timpalannya dari Swedia Stefan Lofven untuk melakukan pembicaraan menjelang KTT Uni Eropa pekan ini.

Spanyol menjadi anggota Uni Eropa yang ekonominya diguncang oleh pandemi sekaligus yang menginginkan dua pertiga dana pemulihan dalam bentuk hibah cuma-cuma.

"Kami memiliki pandangan berbeda tentang jawaban krisis, namun kami memiliki tujuan yang sama," kata Sanchez saat konferensi pers di residen pemerintah Swedia Harpsund, di selatan Stockholm.

Swedia, merupakan salah satu dari Frugal Four blok tersebut, yang menginginkan dana pemulihan yang diusulkan untuk menyalurkan pinjaman daripada hibah seraya mengupayakan anggaran Uni Eropa jangka panjang yang lebih kecil, posisi yang menempatkannya  melawan negara seperti Spanyol.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemimpin Uni Eropa mungkin tidak buat keputusan soal pemulihan ekonomi
Baca juga: Euro melonjak ditopang proposal Prancis-Jerman untuk dana Uni Eropa

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar