San Francisco (ANTARA News) - Research In Motion (RIM) pada Senin mengumumkan pihaknya sedang membuat perlengkapan BlackBerry yang lebih bersahabat dengan aplikasi permainan, mengingat smartphone yang berorientasi kepada bisnis itu mencoba menunjukkan sisi yang lebih suka bermain.

Seperti diberitakan AFP, produsen telepon seluler yang bermarkas di Kanada itu sedang meningkatkan piranti lunak BlackBerry untuk membuatnya lebih simpel bagi para pengembang di luar untuk menciptakan permainan 3D dan program bermain lainnya bagi perlengkapan itu.

"Kami sedang membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi para pengembang, penghobi dan penyedia konten untuk membangun pengalaman yang kaya grafis untuk smartphone BlackBerry," kata wakil presiden senior platform RIM, Alan Brenner.

"Fitur-fitur baru ini akan membantu menggerakkan banyak tema-tema yang terkait, permainan dan aplikasi untuk pengguna smartphone BlackBerry."

Langkah tersebut dikeluarkan karena RIM menghadapi persaingan dari iPhones milik Apple dan peringkat smartphone yang menggunakan piranti lunak Android yang didukung Google yang mengalami pertumbuhan.

IPhones telah menjadi platform bagi videogame bergerak dan piranti lunak Android membebaskan para pengembang pihak ketiga untuk membuat program untuk peralatan.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009