Bandung (ANTARA News) - Sebelum berangkat ke Makasar bersama tim Persib, striker Persib asal Cile, Christian Gonzales menyempatkan diri menyerahkan hewan kurbannya berupa kambing kepada pengurus DKM tempatnya tinggal di kawasan Antapani Kota Bandung, Jumat.

Christian Gonzales merupakan seorang mualaf setelah menikah dengan wanita Indonesia, Eva Siregar.

"Istri saya belikan kambingnya, semuanya diurus sama tetangga di sana," kata Christian Gonzales.

Gonzales mengaku, moment Hari Raya Idul Adha memberikan banyak hikmah bagi hidupnya setelah menjadi seorang muslim.

Namun keinginannya untuk tinggal bersama keluarga pada Hari Raya Idul Adha kali ini tak kesampaian, pasalnya ia harus berangkat sekitar pukul 10.00 WIB untuk menuju Makasar.

Selain Gonzales, para pemain Persib lainnya juga melakukan kurban seperti Atep, Gilang Angga, Aji Nurfijal, Eka Ramdani, Budi Sudarsono serta yang lainnya.

Mereka yang tinggal di Bandung menyempatkan Shalat Id dan memotong kurban beserta keluarganya, sedangkan bagi pemain asal luar daerah berkurban di rumah masing masing.

Sepertihalnya Pelatih Jaya Hartono, yang berkurban kambing di kampung halamannya di Kediri.

"Saya potong kambing di rumah saya di Kediri, istri saya yang ngurus. Kurban itu wajib bagi mereka yang telah berpenghasilan. Saya juga ajak para pemain untuk berkurban dan bersedekah," kata Jaya Hartono.

Menurut Jaya, Idul Adha memberikan banyak pelajaran khususnya menyangkut kebiasaan berkorban dan kepedulian sosial. Melalui korban mengingatkan manusia untuk selalu berkorban karena Allah dan peduli terhadap sesamanya.

Sementara itu, Manajer Persib Bandung, H Umuh Muhtar menyembelih tiga ekor sapi di rumahnya di Jalan Desa Kelurahan Kiaracondong Kota Bandung. Daging kurban itu disebarkan kepada warga masyarakat di sekitar Kiaracondong.

"Di kampung saya ada 12 sapi yang disembelih, dagingnya dibagi-bagikan semua. Idul Adha memberikan banyak pelajaran bagi umat manusia untuk berbagi dan peduli lingkungan masing-masing," kata H Umuh yang juga ayah dari Ketua DPRD Kota Bandung H Erwan itu.

Sama seperti para pemain dan official Persib, H Umuh juga hanya sebentar gabung dengan para tetangganya dalam rangka menyembelih hewan kurban. Pria yang juga pengusaha di bidang jasa itu juga harus bergabung dengan tim untuk berangkat ke Makasar.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009