Masjid Cut Meutia akan bagikan kurban dengan sistem "door to door"

Masjid Cut Meutia akan bagikan kurban dengan sistem "door to door"

Penjual hewan kurban di Jalan Raya I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur memeriksa kesehatan sapi menjelang Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/Andi Firdaus)

Kita akan antarkan ke rumah-rumah warga
Jakarta (ANTARA) - Ketua panitia penyelenggara kurban di Masjid Cut Meutia, Hendra mengatakan pihaknya akan membagikan daging kurban langsung ke rumah warga (door to door) pada saat perayaan Idul Adha 1441H agar tidak menciptakan kerumunan berupa antrean.

"Kita akan antarkan ke rumah-rumah warga, untuk menghindari antrean. Kita kirim sesuai dengan target kita ke RW-RW setempat. Jadi di masjid tidak ada antrean warga," kata Hendra saat dihubungi, di Jakara, Rabu.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan ketua-ketua RW di lingkungan Masjid Cut Meutia sehingga dapat terdata secara benar jumlah warga untuk pembagian daging kurban.

"Jadi RW setempat mendata jumlah warganya, nanti kalau sudah terkumpul panitia yang akan mengantarnya dari rumah ke rumah," ujar Hendra.

Baca juga: DMI: Protokol COVID-19 syarat Shalat Idul Adha

Tidak hanya warga, untuk anak-anak yatim piatu di sekitar kawasan Masjid Cut Meutia pun akan didata sehingga merek pun akan mendapatkan daging kurban.

"Sama halnya kok dengan warga sekitar. Kita pasti antarkan ke tempatnya, jadi mereka tinggal duduk, kita yang antarkan ke tempatnya," ujar Hendra.

Hingga Rabu (29/7), tercatat sudah ada sebanyak 15 ekor sapi dan 40 ekor kambing yang akan dipotong pada saat Idul Adha 1441 H.

Hewan- hewan kurban itu dipastikan dalam keadaan sehat dan akan dipotong dengan prosedur yang sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Selain 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, panitia diwajibkan memiliki pembuangan khusus untuk darah dari hewan kurban yang dipotong.

Selanjutnya, pisau yang digunakan untuk memotong kurban pun harus disterilisasi setiap pemotongan kurban dilakukan.

Baca juga: Masjid Cut Meutia pastikan warga tak hadir lihat proses kurban
Baca juga: MUI imbau penyembelihan hewan kurban melalui RPH

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Warga Binaan Pemasyarakatan turut menyumbangkan hewan kurban

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar