Makassar (ANTARA News) - Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Irjen Pol Adang Rochjana belum mengetahui kepastian kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Makassar guna menghadiri peringatan Hari Nusantara Nasional ke-10.

"Saya belum tahu apakah Presiden datang atau tidak karena panitia pusat dan lokal belum juga memastikannya," kata Adang saat melakukan kunjungan kerja ke Polwiltabes Makassar, Kamis.

Kapolda sempat membahas kesiapan panitia pelaksana Hari Nusantara yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Departemen Perikanan dan Kelautan pada 13 Desember 2009.

Ia mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan panitia pelaksana untuk menyambut kedatangan Presiden, Menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Indonesia di Makassar.

Meski belum mengetahui pasti rencana kedatangan presiden, polisi telah menyiapkan personelnya untuk mengamankan daerah itu dengan menurunkan sejumlah aparatnya.

"Yang jelas jumlah personel kita secara keseluruhan ada 18.000 orang dan tidak mungkin kita turunkan semua. Hanya anggota yang berada kendali Polwiltabes Makassar ditambah dari Brimob Polda. Hanya itu saja cukup," ungkapnya.

Puncak perayaan Hari Nusantara Nasional ke-10 dilaksanakan pada 9-13 Desember, yang diiikuti oleh 33 kapal layar phinisi dan 1.000 kapal nelayan (jolloro).

Selain itu ada juga kegiatan lainnya seperti, lomba renang antar pulau, lomba jala sampah, lomba bakar ikan/masak, lomba perahu hias dan diklat kelautan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009