Vientiane (ANTARA News) - Indonesia gagal merebut medali emas di cabang biliar nomor pool bola-9 berpasangan putra setelah kalah dari Vietnam di final, Sabtu, di SEA Games XXV Vientiane, Laos.

Indonesia yang menurunkan pasangan Ricky Yang/Muhammad Bewi Simanjuntak harus mengakui keunggulan pasangan Vietnam Do Huang Quan/Luong Chi Dung dengan skor 5-7 dalam pertarungan race to 7 tersebut.

Pasangan Indonesia tersebut harus berjuang berat setelah pada dua game pertama tertinggal 0-2, namun mampu menyamakan kedudukan hingga empat game menjadi 2-2.

Pasangan Vietnam kembali unggul dua game selanjutnya sehingga kedudukan menjadi 4-2, dan selanjutnya masing-masing menambah satu hingga game kesembilan, namun dua game terakhir disabet pasangan Vietnam sehingga kedudukan akhir menjadi 7-5 bagi Vietnam

"Kami cukup kecewa gagal meraih emas pertama, tapi di luar itu kekalahan kami dikarenakan terlalu pendeknya race hanya tujuh, seandainya sembilan race seperti yang biasanya diberlakukan dalam final mungkin kejadiannya akan lain," kata manajer tim cabang biliar Tutuk, Sabtu.

Keblunderan pasangan Indonesia terjadi ketika pada game pertama, Bewi gagal memasukkan bola nomor sembilan melalui kombinasi pukulan dan itu tidak disia-siakan oleh pemain Vietnam untuk mengambil poin game pertama melalui pukulan kombinasi yang mengakibatkan bola nomor sembilan masuk.

Begitu juga pada game kedua, Vietnam kembali mendapat keberuntungan dengan memasukkan bola sembilan melalui pukulan kombinasi.

"Saya akui saya tegang, dan pada game pertama itu saya merasa ada tekanan dan itu yang membuat pukulan saya kurang akurat," kata Muhammad Bewi mengomentari tentang kesalahan gagal memasukkan bola sembilan tersebut.

"Ini SEA Games pertama saya, dan mungkin saya tegang ikut yang pertamakali ini," tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009