Jakarta (ANTARA) - Berjalan adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat menjaga kesehatan jika dilakukan secara teratur, tak heran banyak yang memilih kegiatan ini daripada olahraga lainnya.

Meski dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan alat pendukung olahraga, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang sehingga membuat jalan kaki menjadi kurang efektif dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang berjalan menurut Indian Express, Senin.

Baca juga: Olahraga tepat agar nyeri pinggang tak kembali

Baca juga: Kekuatan 10 menit olahraga untuk otak


Beda jalan santai dan jalan bugar

Hal pertama adalah Anda harus bisa membedakan antara berjalan santai dengan berjalan untuk kebugaran. Berjalan santai sifatnya hanya untuk aktivitas rekreasi, sedangkan berjalan untuk kebugaran akan mendatangkan banyak manfaat.

Saat melakukan berjalan untuk kebugaran, tubuh akan merasakan darah mengalir dari kepala hingga ujung kaki.

Gunakan sepatu

Meski hanya berjalan, Anda tetap membutuhkan sepatu dan jangan menggunakan sandal jepit atau sandal. Sepatu akan memberikan bantalan yang baik dan melindungi kaki Anda dari cedera. Jika Anda sering berjalan untuk jarak yang jauh, Anda harus membeli sepatu yang bagus.

Jangan berjalan terlalu cepat

Meskipun jalan cepat adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan oleh para ahli, berjalan terlalu cepat adalah hal yang dilarang. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi seperti olahraga dasar di pusat kebugaran, jalan kaki juga memiliki teknik tertentu.

Berjalanlah dengan cepat, tetapi hindari mengambil langkah panjang, karena dapat menyebabkan cedera kaki dan membuat Anda kehilangan keseimbangan juga. Jadi ambil langkah kecil sebagai gantinya.

Hindari jalan lambat

Sama seperti berjalan cepat, berjalan lambat juga harus dihindari. Jangan sampai tertukar dengan jalan-jalan, berjalan lambat bisa membuat Anda kehilangan perspektif tentang tujuan Anda dalam hal kebugaran.

Istirahat

Para ahli mengatakan bahwa mengambil interval teratur saat berjalan, dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan tingkat kebugaran, dan stamina Anda.

Baca juga: Jalan kaki ekstra 15 menit setiap hari dapat tingkatkan ekonomi global

Baca juga: Kapan waktu terbaik untuk olahraga?

Baca juga: Aktivitas fisik untuk penderita gangguan jantung

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020