Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa mengatakan hubungannya dengan Presiden China Xi Jinping telah memburuk setelah pandemi COVID-19 dan bahwa dia sudah lama tidak berbicara dengan mitranya itu.

"Saya dulu memiliki hubungan yang sangat baik dengannya," kata Trump kepada Fox Sports Radio dalam sebuah wawancara, Selasa, merujuk pada kesepakatan perdagangan Tahap Satu mereka tahun lalu.

"Saya memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Xi. Saya menyukainya, tetapi saya tidak merasakan hal yang sama sekarang," ucap Trump.

Baca juga: Jelang teken kesepakatan dagang, Xi dan Trump terus berkomunikasi

Baca juga: Dalam percakapan dengan Trump, Xi Jinping minta AS perbaiki hubungan


Trump mengatakan perasaannya terhadap Xi Jinping berubah di tengah pandemi COVID-19.

"Saya pasti merasa berbeda. Saya memiliki hubungan yang sangat, sangat baik, dan saya sudah lama tidak berbicara dengannya," ujar dia.

Trump, yang berusaha terpilih kembali dalam pemilu AS pada 3 November mendatang, menjadikan China sebagai bagian penting dari kampanye pilpresnya pada 2016 dan memuji hubungan persahabatannya dengan Xi selama sebagian besar masa jabatan pertamanya saat dia berusaha untuk memperbaiki keadaan melalui janji-janji kesepakatan perdagangan.

Baca juga: Trump minta China bantu dia menang dalam pilpres 2020

Namun, dia mengatakan bahwa dampak dari wabah COVID-19 lebih buruk daripada konflik perdagangan.

Laporan pertama virus corona baru muncul dari China pada akhir 2019 dan sekarang telah menginfeksi lebih dari 20 juta orang dan menewaskan setidaknya 735.369 orang di seluruh dunia, termasuk sedikitnya 5,1 juta kasus dan 163.160 kematian di AS.

Sumber: Reuters

Baca juga: Xi Jinping yakinkan Trump bahwa China akan kalahkan virus corona

 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2020