Jakarta (ANTARA News) - Toyota menyumbang dua kendaraan niaga, truk Toyota Dyna, untuk membantu pembelajaran dengan konsep perpustakaan keliling kepada Departemen Pendidikan Nasional.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta Minggu menyebutkan, kendaraan niaga tersebut diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) pada acara perluasan pabrik Hino (17/12) di Purwakarta.

"Mobil itu akan melakukan aktifitas jemput bola, mendatangi warga yang membutuhkan pendidikan," ujar Presdir PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia.

Mobil pembelajaran tersebut, kata dia, berkonsep serupa dengan program perpustakaan keliling yang ia yakini sebagai salah satu aktifitas pendidikan penting, mengingat masih banyak anak-anak yang butuh pendidikan, namun belum berkemampuan untuk mendapatkan pendidikan tersebut, terutama di daerah-daerah pedalaman.

"Dengan adanya Mobil Pembelajaran ini, kami berharap agar pemerataan pendidikan akan semakin baik. Tidak hanya untuk kalangan yang mampu saja, tetapi untuk semua kalangan yang kelak akan menjadi calon-calon anak bangsa di hari depan," kata Johnny.

Toyota Dyna adalah salah satu produk utama Toyota di segmen kendaraan niaga yang penjualannya terus meningkat dan pada Januari-November tahun ini penjualan mobil tersebut telah mencapai 7,501 unit atau menguasai 16,8 persen pasar kendaraan niaga di dalam negeri.

Lebih jauh Johnny mengatakan dalam aktifita CSR (tanggung jawab sosial) Toyota fokus pada bidang lingkungan, pendidikan, lalu lintas, dan kebudayaan. Di Indonesia, Toyota lebih menfokuskan diri pada bidang lingkungan hidup (penghijauan, pendidikan cinta lingkungan, dan lain-lain) serta pendidikan.

Khususnya di bidang pendidikan di Indonesia, Toyota telah melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh jenjang pendidikan formal, dimulai dari tingkat taman kanak-kanak dengan program Toyota Bercerita, tingkat sekolah dasar dengan program Toyota Dream Art Contest (TDAC), tingkat sekolah menengah dengan

program Toyota - Technical Education Program (T-TEP) dan juga Toyota Eco- Youth.

Pada tingkat universitas, Toyota melalui TAM berkunjung ke banyak perguruan tinggi membawa program kembali ke kampus dan lomba desain. Selain itu melalui Yayasan Toyota Astra (YTA) TAM selalu menyiapkan program beasiswa untuk anak-anak yang kurang beruntung secara finansial.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009