Sepak Bola Nasional

Sutan Zico tolak "tumbang" setelah dicoret dari timnas U-19

Sutan Zico tolak "tumbang" setelah dicoret dari timnas U-19

Pesepak bola Sutan Zico berlatih usai mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 secara virtual di kediamannya di Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Saya harus membenahi dan memperbaiki kekurangan sekaligus introspeksi
Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim Persija U-20 Sutan Zico menolak "tumbang" setelah dicoret dari tim nasional U-19 Indonesia yang kini menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Kamis, Zico justru menganggap momen itu menjadi kesempatan untuk mengevaluasi diri.

"Kecewa itu pasti. Namun saya harus berpikir positif. Saya harus membenahi dan memperbaiki kekurangan sekaligus introspeksi," ujar penyerang yang membantu Indonesia juara Piala AFF U-16 tahun 2018 itu.

Sutan Zico menjadi salah satu dari 11 pemain timnas U-19 yang dipulangkan oleh manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Baca juga: Shin Tae-yong pulangkan 11 pemain timnas U-19

Menurut Shin, alasan pencoretan itu bukan karena pemain-pemain tersebut kalah bersaing.

"Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing. Namun kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan dibawa ke TC selanjutnya terutama ke luar negeri," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu.

Baca juga: Persija yakin Zico dan Figo masih bisa ikuti Piala Dunia U-20

Sutan Zico memaklumi alasan pencoretan tersebut. Dia pun mengaku bersyukur karena mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk pelatihnya di timnas U-16 Fakhri Husaini.

"'Coach' Fakhri memberikan dukungannya melalui sambungan telepon. Intinya, dia mengatakan harus memperbaiki setiap kekurangan karena kesempatan untuk kembali ke timnas selalu ada," tutur pesepak bola jebolan program Garuda Select tersebut.

Baca juga: Bambang Pamungkas berpesan agar pemain muda kenali kelemahan diri

Timnas U-19 bersama timnas senior mengikuti TC di Jakarta yang rangkaian kegiatannya sudah dimulai sejak 23 Juli 2020.

Namun, karena harus menunggu hasil tes usap (swab test) COVID-19, latihan di lapangan tepatnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno baru dilakukan pada Jumat (7/8).

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong condong pilih TC di Korsel daripada Eropa
Baca juga: Sutan Zico nikmati TC virtual timnas U-19
Baca juga: Tiga pemain Persija bersyukur tak dicoret Shin Tae-yong

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Persebaya juara Piala Gubernur Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar