Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 4.000 orang jemaat diperkirakan akan menghadiri misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Humas Gereja Katedral Jakarta Pusat, Graece Tanus, Kamis, mengatakan, kemungkinan lebih dari 4.000 orang jemaat yang akan memenuhi gereja terbesar di Jakarta itu.

"Kami sudah menyiapkan segala sesuatu untuk misa malam nanti. Di halaman gereja sudah terpasang tenda berwarna putih dan berenda biru yang terbilang besar berhiaskan ornamen Natal. Di depan pintu masuk gereja terdapat pohon yang dihiasi lampu Natal," kata Graece yang ditemui di Gereja Katedral.

Sementara di dalam gereja terdapat tiga altar yakni altar utama, altar Yosep, dan altar Maria.

Di altar Maria, terdapat patung Bunda Maria, patung Yusuf dan tiga orang Majus yang membawa emas, kemenyan dan mur. Ada pula patung malaikat yang digambarkan tengah menunggu kelahiran Yesus Kristus.

"Semua patung-patung itu berada di sebuah tempat yang dibentuk menyerupai kandang domba. Nantinya pada misa malam Natal akan diadakan arakan bayi Yesus. Adapun tema Natal tahun ini adalah "Bertumbuh menjadi pembawa damai," lanjut Graece.

Untuk pelaksanaan misa Natal, pihak gereja membagi tiga waktu. Misa pertama di gereja yang mampu menampung 3.500 jemaat itu dilakukan pukul 17.00 WIB, kemudian 19.00 WIB dan terakhir sekira pukul 22.00 WIB.

"Mengenai pengamanan, kami sudah koordinasikan dan kami percayakan sepenuhnya kepada pihak kepolisian," kata Graece.

Namun demikian, kata Graece, pengamanan oleh aparat polisi hanya dilakukan di luar pagar gereja Katedral.

Sementara untuk pengamanan di dalam, lanjutnya, akan dilakukan oleh panitia yang sudah ditunjuk. "Supaya kekhusukan umat selama mengikuti misa tidak terganggu," jelasnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009