Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat jumlah kasus positif COVID-19 di wilayah itu bertambah enam orang sehingga secara kumulatif pasien yang terinfeksi virus corona berjumlah 352.

"Enam kasus ini kita dapatkan dua dari Kota Bandarlampung, tiga Kabupaten Lampung Selatan dan satu Pringsewu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, tiga kasus positif COVID-19 dari Kabupaten Lampung Selatan yakni nomor 347 perempuan 24 tahun, 348 laki-laki 26 tahun dan 349 perempuan 25 tahun didapatkan dari hasil penelusuran (tracing) pasien ke-337.

"Ke tiga pasien pasien tersebut terkonfirmasi positif pada Rabu (19/8), saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri, sebab tanpa gejala," kata dia.

Baca juga: Kasus COVID-19 Lampung bertambah tiga total kumulatif 346 kasus

Baca juga: Dinkes Lampung catat tidak ada penambahan kasus COVID-19


Kemudian, dua kasus positif dari kota Bandarlampung yakni nomor 350 laki-laki 58 tahun saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit swasta di Bandarlampung, sebab saat memeriksakan dirinya yang bersangkutan mengalami keluhan demam, batuk berdahak dan pilek.

"Setelah diperiksa pasien ini didiagnosa memiliki infeksi paru-paru, kemudian kita langsung tes usap dengan hasil positif COVID-19," kata dia.

Sedangkan, pasien ke 351 merupakan perempuan 41 tahun yang bersangkutan seorang pelaku perjalanan dari Palembang dan pernah kontak dengan saudaranya yang berasal dari Jakarta.

"Saat ini sedang di rawat di rumah sakit pemerintah karena memiliki keluhan batuk, sesak dan demam yang tidak kunjung sembuh dari tanggal 7 Agustus 2020," katanya.

Sementara itu, kata dia, untuk pasien dari Kabupaten Pringsewu yakni nomor 352 seorang laki-laki 29 tahun merupakan hasil penelusuran dari kasus nomor 318.

"Yang bersangkutan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah singgah penanganan COVID-19 di daerah setempat," katanya.

Kadinkes tersebut juga mengatakan bahwa Kamis ini pun di Lampung ada satu tambahan pasien sembuh atau selesai isolasi dari COVID-19 yakni kasus nomor 247 seorang perempuan 27 tahun dari Kota Metro.

"Jadi pasien sembuh kita hingga kini berjumlah 281," kata dia.

Ia juga menyebutkan bahwa kasus suspek COVID-19 di Provinsi Lampung hingga kini berjumlah 689 dengan rincian kasus lama sebanyak 685 dan kasus baru empat orang.

"Kalau kasus kematian, hari ini tidak ada dan masih berjumlah 14 yang meninggal dunia akibat COVID-19," kata dia.*

Baca juga: Dinkes: 30 orang pasien COVID-19 di Lampung dinyatakan sembuh

Baca juga: Dinkes catat tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Lampung 75 persen

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020