London (ANTARA News/AFP) - Euro naik terhadap dolar pada Rabu waktu setempat, karena investor mengambil lebih banyak risiko sementara yen tergelincir setelah penunjukkan menteri keuangan baru Jepang, kata para dealer.

Mereka mengatakan semua mata tertuju pada data lapangan kerja AS yang akan keluar Jumat, dengan beberapa berharap akan menunjukkan penciptaan lapangan kerja pertama setelah lebih dari tujuh juta posisi hilang dalam dua tahun terakhir.

Laporan pekerjaan yang kuat akan memperkuat dolar karena akan meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve AS mungkin menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan dari rekor terendah mereka saat ini.

Berita bahwa Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama memilih wakilnya Naoto Kan sebagai menteri keuangan, menggantikan Hirohisa Fujii 77-tahun yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan, membantu dolar terhadap yen tapi sedikit berdampak lebih luas, kata para dealer.

Pada akhir transaksi London, euro menguat menjadi 1,4413 dolar dari 1,4367 dolar pada Selasa.

Dolar naik menjadi 92,57 yen dari 91,70 yen di New York akhir Selasa.

Derek Halpenny dari Bank of Tokyo-Mitsubishi mengatakan pasar memantau cermat untuk melihat kapan The Fed, dan bank sentral lain, dapat mulai menguras beberapa dari jumlah besar likuiditas yang tersedia untuk menjinakkan resesi.

Mengenai Jepang, "perubahan di bagian personalia akan memiliki dampak kecil pada yen tapi bukti perselisihan internal pada kebijakan fiskal juga bisa menjadi faktor negatif yen," tambah Halpenny.

Euro pulih setelah jatuh ke terendah 1,4284 dolar pada awal Rabu setelah Uni Eropa menunjukkan bahwa pihaknya tidak akan datang untuk menyelamatkan Yunani.

Yunani, bersusah payah dengan defisit publik dua digit, tidak dapat mengharapkan Uni Eropa untuk "menyelamatkan" itu, kepala ekonom Bank Sentral Eropa mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Rabu.

"Masalah-masalah Yunani diputuskan Yunani, karena Perdana Menteri George Papandreou sendiri telah mengakui," kata Juergen Stark kepada harian keuangan Italia Il Sole 24 Ore.

"Pasar akan membodohi diri mereka sendiri jika mereka berpikir bahwa pada suatu titik negara anggota Uni Eropa lainnya akan meletakkan tangan di saku mereka untuk menyelamatkan Yunani."

Dia berbicara sebagai pejabat dari ECB dan dari Komisi Eropa memulai sebuah misi di Athena untuk memeriksa dengan pejabat Yunani sebuah program krisis menstabilkan keuangan nasional.

Di London Rabu malam, euro berpindah tangan pada 1,4413 dolar terhadap 1,4367 dolar akhir Selasa, pada 133,43 yen (131,74), 0,8996 pound (0,8979) dan 1,4811 franc Swiss (1,4847).

Dolar berdiri di 92,57 yen (91,70) dan 1,0277 franc Swiss (1,0333). Pound berada pada 1,6021 dolar (1,5999).

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.130 dolar per ons dari 1.123,25 dolar pada Selasa. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010