seorang memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, seorang berkontak pelaku perjalanan
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak dua orang yang memiliki riwayat dan kontak erat dengan pelaku perjalanan.

"Penambahan kasus COVID-19 di Provinsi Lampung pada Jumat ini sebanyak dua orang, seorang memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, seorang lain berkontak erat dengan pelaku perjalanan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan dua orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 seorang berasal dari Kota Bandarlampung, dan seorang lainnya asal Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: Dinkes: Pasien selesai isolasi di Lampung bertambah 11 orang

Baca juga: Seorang anggota DPRD Lampung Timur positif COVID-19


"Pasien asal Lampung Selatan seorang wanita berusia 23 tahun memiliki riwayat perjalanan dari Banten, keadaan pasien bergejala dan saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit daerah Lampung Selatan," ucapnya.

Menurutnya, seorang pasien terkonfirmasi positif lain ialah seorang wanita berusia 69 tahun asal Kota Bandarlampung, dan memiliki riwayat kontak erat dengan anaknya yang baru melakukan perjalanan dari zona merah COVID-19.

"Kondisi pasien asal Kota Bandarlampung tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri, penambahan dua kasus terkonfirmasi positif COVID-19 menambah jumlah kumulatif kasus dari 376 menjadi 378 kasus," ujarnya.

Baca juga: Dinkes: Pemeriksaan sampel uji usap Lampung total 6.519 sampel

Menurut Reihana, dengan terus terjadinya penambahan kasus dari pelaku perjalanan diharapkan masyarakat dapat lebih mematuhi protokol kesehatan, untuk mencegah adanya persebaran COVID-19 di lingkungan ataupun keluarga.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, selain terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 juga terdapat penambahan kasus saspek sebanyak 13 kasus, kontak erat sebanyak 49 kasus, serta 12 kasus pelaku perjalanan.

Baca juga: Dinkes Lampung catat tidak ada penambahan kasus COVID-19
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020