Berkuda

Sumatera Selatan targetkan bangun venue berkuda di JSC

Sumatera Selatan targetkan bangun venue berkuda di JSC

Foto udara kawasan olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang merupakan salah satu tuan rumah pelaksana Asian Games 2018, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/10/2018). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.)

Jika nantinya benar-benar diwujudkan venue berskala internasional, maka sejatinya ini mendukung keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang
Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menargetkan pembangunan venue berkuda di kompleks olahraga Jakabaring Sport City, Palembang, untuk semakin menyempurnakan infrastruktur olahraga di daerahnya.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan keinginan tersebut sudah mendapatkan dukungan dari Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi).

“Inilah salah satu cara menarik minat masyarakat Sumsel terhadap olahraga berkuda. Jika sarana dan prasana sudah ada, saya yakin olahraga ini akan banyak peminat,” kata Herman Deru.

Baca juga: Pordasi tetap gelar kejuaraan di tengah wabah virus corona

Ia mengatakan, pemprov berencana membangun arena berkuda berstandar internasional seperti halnya venue olahraga lain di kompleks JSC.

Menurutnya, dibangunnya venue ini mempunyai kelebihan karena olahraga berkuda sejatinya bukan hanya untuk mencapai prestasi tapi juga bisa menjadi sarana ‘sport tourism’.

“Olahraganya sebenarnya bukan olahraga yang mahal. Lagi pula kuda juga sudah sejak lama digunakan nenek moyang kita untuk alat transfortasi,” kata dia.

Baca juga: 15 cabang olahraga nasional sudah gelar turnamen di tengah pandemi

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Triwatty Marciano mengatakan pembangunan sarana dan prasarana cabang olahraga berkuda ini sejalan dengan tujuan pemerintah yang ingin mengembangkan sport tourism, sport sains dan sport industri.

“Jika nantinya benar-benar diwujudkan venue berskala internasional, maka sejatinya ini mendukung keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang,” kata dia.

Ia berharap Sumatera Selatan nantinya dapat menjadi pusat pembinaan olahraga berkuda dan sekaligus secara rutin menyelenggarakan event skala nasional dan internasional.

Sejauh ini, Pengurus Pusat Pordasi memproyeksikan Yogyakarta sebagai tuan rumah seri pertama dan kedua Kejuaraan nasional Pacuan Kuda Pordasi Ke-54 Piala Presiden 2020.

Baca juga: Mantan atlet berkuda Singky Soewadji kembali aktif di Pordasi

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polisi ingatkan peserta aksi terapkan protokol kesehatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar