kasus probabel di Provinsi Papua sebanyak 26 orang
Jayapura (ANTARA) - Juru bicara satuan tugas COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule menyebutkan, pihaknya mencatat pada Rabu (2/9) sebanyak 73 kasus baru positif COVID-19 di provinsi tersebut yang tersebar di beberapa kabupaten di provinsi tertimur itu.

"Pada Rabu, 2 September, berdasarkan data-data yang kami kumpulkan hingga pukul 20.00 WIT, maka terdapat tambahan 73 kasus baru di Provinsi Papua, dengan demikian jumlah kumulatif kasus kita sebanyak 3. 834 kasus," kata dr Silwanus Sumule di Jayapura, Kamis.

Dari angka tersebut, lanjut dia, 16 persen atau 610 orang saat ini dalam perawatan, 83 persen atau 3.178 orang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, dan 46 orang di provinsi paling timur ini dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar corona, yang jika dipresentasikan sebesar satu persen.

"Kasus kontak erat kita, Rabu ini dilaporkan sebanyak 1.913 kasus, dan kasus probabel kita sebanyak 26 kasus," ujarnya.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 lari dari Sorong diamankan di Malang

Baca juga: Sembilan PSK Lokalisasi Malanu Sorong positif COVID-19


Kemarin, kata dia, terdapat satu kabupaten baru terdampak COVID-19 yaitu Kabupaten Mappi. Dia merincikan kasus baru pada Rabu, yakni di Kabupaten Mappi, satu kasus. Kabupaten Merauke satu kasus, dan Kabupaten Mimika, 23 kasus. Kabupaten Nabire satu kasus, Kabupaten Biak Numfor tiga kasus, Kabupaten Jayapura dua kasus, dan Kota Jayapura, 42 kasus, total 73 kasus. Khusus untuk Kota Jayapura, 42 kasus ini adalah akumulasi selama dua hari.

Terdapat 58 kasus kontak baru yang berasal dari Kabupaten Boven Digoel 10 orang, dan Kabupaten Mimika 46 orang. Kasus suspek bertambah 57 orang yang berasal dari Mimika sebanyak 12 orang, Kabupaten Puncak, 28 orang, Biak Numfor satu orang.Selanjutnya, Kabupaten Paniai dua orang, Kabupaten Jayapura dua orang, Jayawijaya enam orang dan Kabupaten Boven Digoel enam orang.

Selain itu, terdapat satu kasus tambahan probabel yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor. "Kasus probabel adalah ketika kita menemukan satu kasus kematian yang menunjukkan gambaran khas secara klinis menyerupai kasus-kasus COVID-19 namun belum sempat dilakukan pemeriksaan PCR. Dengan demikian, kasus probabel di Provinsi Papua sebanyak 26 orang."

"Selanjutnya, terdapat 18 kasus yang dinyatakan sembuh dengan rincian Kabupaten Mimika lima orang, Kabupaten Jayapura satu orang, Kabupaten Nabire empat orang, Kabupaten Biak Numfor dua orang, dan Kota Jayapura enam orang," katanya.

"Kami menyampaikan bela sungkawa karena satu kasus kematian karena COVID-19 di Kota Jayapura, atas nama Ny.S berusia 69 tahun dirawat selama tujuh hari disalah satu rumah sakit mitra kami di Provinsi Papua di Kota Jayapura," ujarnya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Papua Barat capai 836 kasus

Baca juga: 3.160 pasien positif COVID-19 di Papua dinyatakan sembuh

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020