London (ANTARA News/AFP) - Saham Eropa bergerak naik pada Senin didukung angka manufaktur AS yang membesarkan hati dan hasil yang kuat dari raksasa minyak ExxonMobil, kata para pedagang.

Di London indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka naik 1,14 persen menjadi ditutup pada 5.247,41 poin.

Di Frankfurt, indeks DAX 30 naik 0,81 persen menjadi berakhir pada 5.654,48 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 ditambah 0,60 persen menjadi ditutup pada 3.762,01 poin.

Saham Eropa dibuka bervariasi tetapi bangkit di kemudian hari setelah penerbitan laporan yang menunjukkan bahwa sektor manufaktur AS mengawali tahun dengan semangat pada Januari, meningkat untuk keenam bulan berturut-turut.

Institute for Supply Management mengatakan indeks manufaktur, juga dikenal sebagai indeks pembelian manajer (PMI), naik menjadi 58,4 persen pada Januari dari 54,9 persen pada Desember.

Itu adalah angka PMI tertinggi sejak Agustus 2004 dan mengalahkan ekspekatasi pasar. Setiap angka di atas 50 persen menunjukkan pertumbuhan.

Pasar juga mendapat dorongan dari hasil yang kuat raksasa minyak ExxonMobil, yang mengalahkan sebagian besar proyeksi dengan laba kuartalan 6,05 miliar dolar AS, dibantu oleh produksi minyak yang lebih tinggi dan harga.

"Pasar Eropa naik hampir satu persen hari ini untuk mengirim kedua hari berturut-turut naik setelah kepercayaan investor didorong oleh lebih baik dari perkiraan penghasilan Exxon Mobil dan data manufaktur ISM yang kuat," kata Nick Serff, analis pasar di City Index.

Di tempat lain di Eropa, saham berakhir naik 0,53 persen di Milan, bangkit 0,86 persen di Zurich dan meningkat 0,43 persen di Madrid.

Di Tokyo, saham berakhir bervariasi karena sektor otomotif tetap di bawah tekanan ingat keselamatan menyusul penarikan keamanan oleh Toyota dan Honda saingan Jepang.

Sementara itu pasar saham Shanghai dan Australia terkena ketakutan Beijing yang akan mengambil langkah-langkah untuk memperlambat pertumbuhan, kata para pedagang.

Saham China ditutup turun 1,60 persen karena sentimen masih lemah di tengah keprihatinan pembatasan pinjaman lebih lanjut di akhir tahun.

Saham Wall Street telah merosot Jumat di tengah kekhawatiran terus-menerus terhadap pemulihan ekonomi, menghapus keuntungan awal yang mengikuti data yang menunjukkan lebih kuat dari yang diperkirakan pertumbuhan AS di kuartal akhir tahun lalu.

Tetapi saham AS pada Senin dini hari dikenakan biaya lebih tinggi karena Wall Street mengawali sebuah bulan yang kuat melalu hasil yang kuat dari raksasa minyak ExxonMobil dan terdorong data manufaktur.

Dow Jones Industrial Average dibuka 0,92 persen lebih tinggi, karena saham memantul kembali dari kerugian minggu lalu untuk Januari. Indeks komposit Nasdaq naik 0,71 persen sementara indeks Standard & Poor`s 500 ditambahkan 1,13 persen. (.A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010