Gunungkidul (ANTARA News) - Seorang warga Dusun Trowono, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Riyanto (33), Selasa siang ditemukan tewas di bak mandi dalam kondisi tangan dan leher terikat tali.

"Kami belum dapat menyimpulkan apakah tewasnya Riyanto akibat pembunuhan atau bunuh diri, dan saat ini kami masih melakukan penyelidikan intensif serta minta keterangan sejumlah saksi," kata Kapolsek Paliyan AKP Rahmadewanto.

Menurut dia, mayat Riyanto, yang semasa hidupnya diduga mengalami gangguan jiwa dan menderita sakit ginjal itu, pertama kali ditemukan oleh saksi Martorejo (65) ayah kandungnya, setelah mendapatkan sepasang sandal jepit di lokasi kejadian.

"Saat ditemukan di dalam bak mandi memang kondisi Riyanto dalam keadaan tangan dan leher terikat tali plastik, tetapi kami masih mencari penyebab tewasnya Riyanto," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan keterangan sejumlah saksi diketahui Riyanto sudah menunjukkan gelagat aneh dan terlihat gelisah atas penyakit ginjal yang dideritanya karena tidak kunjung sembuh.

"Ada juga saksi yang mengatakan Riyanto sejak beberapa waktu lalu mengalami gangguan jiwa dan sering menunjukkan perilaku yang tidak wajar," katanya.

Rahmadewanto mengatakan saat ini belum ada kepastian tentang penyebab tewasnya lelaki itu. dan masih menunggu hasil visum.

"Kami harapkan jika hasil visum sudah keluar, dapat diperoleh petunjuk penyebab tewasnya dia, apakah akibat bunuh diri atau penyebab lain," katanya.(U.V001/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010