Washington (ANTARA News/AFP) - Utang AS berada dalam trek untuk mencapai batas atas utang yang diusulkan Kongres (DPR) AS sekitar 14,3 triliun dolar pada akhir Februari, Departemen Keuangan menyatakan Rabu, sehari sebelum pemungutan suara kunci untuk menaikkan ke tingkat itu.

"Berdasarkan proyeksi saat ini, Departemen Keuangan memperkirakan untuk mencapai batas atas utang paling cepat akhir Februari. Namun, arus kas pemerintah volatile, sehingga sulit untuk meramalkan tanggal yang tepat," kata pernyataan Departemen Keuangan.

Batas utang publik Amerika Serikat saat ini 12,374 triliun dolar.

Utang AS melebihi 12,349 triliun dolar pada Senin, menurut data Departemen Keuangan.

DPR AS akan memilih Kamis, dengan apakah akan menaikkan batas utang AS ke tingkat bersejarah 14,3 triliun dolar, yang memungkinkan Amerika Serikat meminjam lain 1,9 triliun dolar.

Pimpinan Mayoritas DPR Steny Hoyer mengatakan anggota dewan akan mengambil langkah seminggu setelah Senat menyetujui batas atas utang yang lebih tinggi dalam 60-39 suara.

Pada Desember, kedua rumah (Senat dan DPR) sepakat untuk meningkatkan batas utang oleh jumlah sementara 290 miliar dolar untuk memastikan pemerintah AS akan terus berfungsi.

Senat juga minggu lalu meloloskan amandemen undang-undang meningkatkan batas atas utang yang memerlukan materi anggaran baru yang harus dibayar untuk, yang dijuluki "pay-as-you-go."

Langkah ini dimaksudkan untuk mencegah pemerintah federal dari pengeluaran uang yang tidak memiliki dan mengendalikan defisit besar anggaran AS.

DPR telah mengadopsi langkah yang sama. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010