New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham Wall Street jatuh pada Kamis waktu setempat, karena lemahnya data AS dikombinasikan dengan kekhawatiran meningkatnya masalah utang di negara Uni Eropa mengirim gelombang guncangan melalui pasar.

Dow Jones Industrial Average jatuh 268,37 poin (2,61 persen) menjadi berakhir pada 10.002,18, level terendah sejak November, setelah sempat terjatuh di bawah 10.000 poin.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq turun 65,48 poin (2,99 poin) menjadi 2.125,43 dan indeks pasar yang luas Standard & Poor`s 500 kehilangan 34,17 poin (3,11 persen) menjadi 1.063,11.

"Laporan ekonomi mengecewakan menambah kegelisahan yang diciptakan oleh masalah utang Eropa," kata Scott Marcouiller dari Wells Fargo Advisors.

Ketegangan pasar meningkat setelah berita bahwa beberapa negara Uni Eropa selain Yunani sedang mengalami masalah penjualan obligasi dan bahwa biaya mengasuransikan utang mereka meningkat.

"Pasar saham terpukul keras oleh kekhawatiran ekonomi hari ini," kata Elizabeth Harrow dari Schaeffer`s Investment Research, yang mencatat bahwa suasana hati memburuk "karena Spanyol menaikkan perkiraan defisit anggaran hingga tahun 2012, menjadianggota zona euro terbaru untuk mengakui masalah utang melumpuhkan."

Prospek krisis utang di negara-negara anggota Uni Eropa menyuarakan keprihatinan mengenai lemahnya pemulihan ekonomi global, kata analis.

"Pasar mendaftarkan peningkatan keprihatinan tentang peluang gagal (default) utang Yunani, dan skeptis tentang rencana resmi menurunkan gelembung defisit anggaran," kata Patrick Armstrong di Moody`s Economy.com.

Meskipun Yunani mengumumkan program penghematan besar untuk mengurangi defisit, yang memicu serikat buruh terbesar negara itu menyerukan pemogokan nasional untuk memprotes rencana tersebut.

"Para investor skeptis bahwa rencana pengurangan defisit yang diumumkan oleh Perdana Menteri Yunani (George) Papandreou akan dilaksanakan secara penuh karena oposisi dari serikat buruh di negara itu," kata Armstrong.

Juga mengurangi "mood" laporan bahwa klaim baru untuk manfaat asuransi pengangguran AS naik menjadi 480.000 dalam pekan yang berakhir 30 Januari, naik 8.000 dari sebelumnya direvisi naik 472.000.

Data lebih buruk daripada perkiraan konsensus 455.000 klaim baru dan menghancurkan beberapa harapan bahwa laporan penting payrolls AS Jumat akan menunjukkan kenaikan dalam pekerjaan baru.

"Kami terganggu oleh perkembangan jumlah klaim baru-baru ini," ujar Ian Shepherdson dari High Frequency Economics.

"Ini mulai tampak seolah-olah tren menurun dalam klaim, yang telah merupakan kunci untuk cerita tentang kenaikan daftar gaji dalam beberapa bulan berikutnya, telah terhenti."

Di antara saham dalam fokus, Northrop Grumman turun 1,04 persen menjadi 57,90 dolar setelah raksasa pertahanan itu melaporkan pihaknya berayun kembali kepada keuntungan dalam kuartal keempat tapimenawarkan bimbingan untuk 2010 yang mengecewakan.

Pembuat sereal Kellogg turun 5,04 persen menjadi 52,41 dolar setelah melaporkan pendapatan untuk kuartal terakhir tak sesuai harapan.

Dalam teknologi, Cisco adalah salah satu "gainers" langka dengan kenaikan 0,39 persen menjadi 23,16 dolar setelah melaporkan laba yang kuat dan mengumumkan rencana untuk merekrut sebanyak 3.000 karyawan baru.

Yahoo! jatuh 2,91 persen menjadi 15,01 dolar setelah raksasa internet mencapai kesepakatan untuk menjual HotJobs kepada Monster.com, turun 12,36 persen menjadi 14,39 dolar.

Obligasi naik di tengah kehati-hatian baru pada ekuitas. Hasil pada obligasi AS 10-tahun turun menjadi 3,610 persen dari 3,703 persen Rabu dan pada obligasi 30 tahun bergeser ke 4,545 persen terhadap 4,632 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010