Jakarta (ANTARA) - Pernahkah Anda mencicipi susu dari sapi Jersey? Susu dari sapi perah Jersey punya citarasa yang sedikit berbeda dari susu sapi Holstein, sapi hitam putih yang banyak memproduksi susu di peternakan.

Susu dari sapi Hersey punya rasa yang lebih creamy karena kandungan total solid di dalam susunya lebih tinggi dibandingkan susu sapi Holstein.

"Sapi Jersey sendiri adalah jenis sapi British yang awalnya berasal dari pulau Jersey, yang terletak di kepulauan British Channel, di dekat perbatasan antara Inggris dan Prancis," kata Hani Yudayan, Head of Farm 1, PT Greenfields Indonesia dalam konferensi pers daring, Rabu (23/9).

Sapi Jersey yang bulunya berwarna cokelat adalah jenis sapi perah yang ukurannya lebih kecil dibandingkan sapi Holstein. Karena ukurannya lebih mungil, sapi Jersey mengonsumsi pakan lebih sedikit dibandingkan sapi Holstein.

"Namun, sapi Jersey ini sangat produktif dan menghasilkan susu dengan kandungan padatan susu yang lebih tinggi dari sapi Holstein," kata Hadi.

Sapi yang mungil ini lebih "tahan banting" dan kuat terhadap iklim tropis. Sapi Jersey menghasilkan susu dengan lebih banyak kandungan total solid (protein lemak) yang membuat rasanya lebih kaya dan creamy, tapi tidak meninggalkan rasa enek.

Greenfields meluncurkan Fresh Jersey Milk, produk susu sapi Jersey yang diklaim pertama dan satu-satunya di Indonesia. Susu ini diperah dari sapi Jersey yang dipelihara di peternakan Jawa Timur dan diproduksi melalui proses pasteurisasi di pabrik Palaan, Jawa Timur.

Baca juga: Demi imunitas, pentingnya minum susu saat pandemi

Baca juga: Ngopi ala kafe di rumah saja bermodal "Do It Yourself Kit"

Baca juga: Penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan susu

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020