London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa naik sedikit pada Kamis waktu setempat, setelah sesi perdagangan yang gelisah di mana saham bergerak masuk dan keluar dari teritori negatif menyusul beberapa berita membaiknya ekonomi.

Indeks utama FTSE 100 di London naik 0,92 persen menjadi 5.325,09 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 naik 0,61 persen menjadi 3.747,83 poin dan indeks DAX 30 di Frankfurt naik 0,57 persen menjadi 5.680,41 poin.

Di bagian lain Eropa, Zurich naik 1,06 persen, Madrid naik 0,72 persen, Amsterdam naik tipis 0,36 persen dan Milan hanya bertambah 0,16 persen.

"Pasar pada umumnya kurang fokus, dengan menjentikkan perhatian harian antara keprihatinan utang negara di sisi negatif dan berita membaiknya perusahaan dan ekonomi di sisi lain," kata pedagang Spreadex, Richard Griffiths.

"Pasar bereaksi positif terhadap prospek berkurangnya kegagalan utangan di Yunani. Namun volatilitas dalam pasar ekuitas Eropa

dan euro itu sendiri menunjukkan betapa sedikit kepercayaan yang ada."

Menteri keuangan Uni Eropa telah menyerukan Athena untuk mempersiapkan tindakan drastis termasuk pemotongan biaya dan menaikkan pajak pada 16 Maret sampai mengekang menggelembungnya defisit publik - yang tertinggi di 16-anggota zona euro.

Sebelumnya pada Kamis, pasar Asia mengabaikan isyarat positif dari Wall Street, perdagangansebagian besar turun karena investor mengambil keuntungan dari keuntungan hari sebelumnya di tengah berlanjutnya kehati-hatian atas utang negara di Eropa.

Wall Street hampir di wilayah positif pada Kamis sore, dengan indeks Dow naik 0,26 persen dan Nasdaq naik 0,19 persen.

"Pengekangan udara telah diluncurkan dengan pemikiran bahwa pasar cenderung berjalan ke beberapa penolakan," kata Patrick O`Hare, kepala analis pasar perusahaan konsultan dan penelitian keuangan Briefing.com yang berbasis di Chicago.

Pada sisi negatifnya bagi pasar adalah laporan Departemen Tenaga Kerja AS dari kejutan kenaikan klaim baru untuk asuransi pengangguran, di tengah kekhawatiran pengangguran yang tinggi dapat mengurangi pemulihan ekonomi.

Penyesuasaian musiman klaim awal pekerjaan dalam pekan yang berakhir 13 Februari naik menjadi 473.000, meningkat dari 31.000 dari minggu sebelumnya pada angka direvisi 442.000, kata laporan itu. Konsensus memperkirakan 430.000.

Namun, hasil perusahaan sebagian besar membesarkan hati dengan saham pembuat senjata BAE Systems di Inggris rally 4,30 persen menjadi 364,00 pence karena investor menyambut gembira kenaikan dasar laba tahunannya.

Bank Barclays naik 1,98 persen menjadi 308,30 pence setelah hasilnya naik awal minggu. Grup asuransi AXA Prancis juga naik 0,55 persen menjadi 15,64 euro setelah mengumumkan sebuah lompatan empat kali lipat keuntungan tahunan menjadi 3,6 miliar euro.

Namun di Frankfurt, Daimler tergelincir 4,68 persen menjadi 31,50 euro setelah raksasa mobil Jerman itu membukukan kerugian yang tajam untuk 2009.

"Pasar tetap panik ... tanpa arah yang nyata," kata Isabelle Genos, seorang manajer di bank Prancis BNP Paribas unit B*Capital.

"Ini adalah pasar yang sangat beragam," ia menambahkan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010