Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu, menyeru rakyat Indonesia gemar menabung agar tabungan domestik meningkat sehingga perekonomian nasional juga meningkat dan mandiri.

"Jika gemar menabung, (keuntungan) bagi negara, tabungan domestik meningkat, perekonomian juga akan meningkat," kata Presiden saat mencanangkan Gerakan Indonesia Menabung di JIE, Jakarta, Sabtu.

Menurut Presiden, dalam teori makroekonomi, tabungan sama dengan investasi sehingga jika makin besar tabungan dalam negeri maka makin tersedia sumber-sumber pembiayaan pembangunan negeri itu.

"Dari kemampuan ini, kita secara bertahap bisa mengurangi utang luar negeri. Dengan demikian Insya Allah perekonomian kita akan makin mandiri," ujarnya.

Yudhoyono mengatakan, krisis global tahun lalu telah membuat sejumlah negara kaya mengalami masalah, justru karena masyarakatnya terjebak oleh situasi pengeluaran berlebihan.

"Dan bangsa ini harus menabung agar bangsa ini bisa makin besar. Ini kesempatan yang baik, saya ajak saudara semua untuk benar-benar memperkuat daya menabung," katanya seraya mengingatkan masyarakat berhati-hati menggunakan kartu kredit. (*)
G003/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010