Malang (ANTARA News) - Persiwa Wamena gagal meraih kemenangan perdana dalam pertandingan Asian Football Confederation (AFC) yang menjamu VB Sport Maladewa di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur, Rabu petang.

Tim asuhan Zaenal Abidin itu harus mengakui keunggulan tim tamunya 2-3 setelah gol ketiga VB Sport yang dilesakkan Ali Umar pada menit ke-87. Sedangkan dua gol V/B Sport lainnya dipersembahkan oleh Akram Abdul Gani ada menit ke-64 dan Ashfaq pada menit ke-52.

Sementara dua gol Persiwa Wamena yang mampu menjebol gawang VB Sport yang dikawal oleh Imran itu dilesakkan oleh Lewis Eric Weeks pada menit ke-10 dan Foday Boakai Eddi pada menit ke-10.

Persiwa Wamena mengawali gol kemenangannya pada menit ke-10 setelah serangan gencarnya mampu mengecoh pemain lini belakang VB Sport Maladewa, namun hingga 45 menit babak pertama tim berjuluk "Badai Pegunungan Tengah" itu belum mampu menggandakan kemenangannya. Skor masih tetap 1-0.

Memasuki babak kedua pertandingan yang dipimpin wasit asal China Zhao Liang itu Persiwa harus jatuh bangun mengamankan gawangnya, namun kelihaian para pemain VB Sport memanfaatkan serangan balik mampu menjebol gawang Timotius Mote pada menit ke-52 dan skor menjadi 1-1.

Kedudukan 1-1 tak menyurutkan serangan para pemain Persiwa, bahkan lebih gencar dan terus mengurung jantung pertahanan VB Sport yang akhirnya melahirkan gol kedua bagi Persiwa pada menit ke-63 dari kaki Foday Bokai Eddi.

Namun, kemenangan 2-1 itu tidak berlangsung lama, karena satu menit kemudian (menit ke 64) VB Sport mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol kedua VB Sport lahir setelah Husein Cengiz mengeksekusi tendangan bebas yang gagal ditepis oleh kiper Persiwa Timotius Mote dan bola mental itu dimanfaatkan dengan manis oleh Akram Abdul Gani melalui "heading"nya.

Permainan Persiwa Wamena mulai tanpa arah setelah Kono Christian mengantongi kartu kuning keduanya sehingga wasit Zhao Liang langsung mengeluarkan kartu merah dan Kono terusir dari lapangan pertandingan pada menit ke-71.

Tiga menit menjelang babak kedua berakhir, pemain VB Sport Ali Umar kembali menjebol gawang Timotius Mote. Gol penentu kemenangan bagi VB Sport itu prosesenya hampir sama dengan gol kedua, dimana tendangan bebas yang dilakukan Husein Cengiz gagal ditepis Timotius Mote dan dimanfaatkan Umar Ali.

Selama 90 menit pertandingan berlangsung, wasit asal China itu mengeluarkan dua kartu kuning yang dihadiahkan pada Fendry Mofu (Persiwa) dan Husein (VB Sport) serta satu kartu merah untuk Kono Christian (Persiwa).

Persiwa Wamena bakal menghadapi VB Sport dikandangnya (away) 7 Maret mendatang di Maladewa. Dalam laga AFC itu Persiwa masuk group G bersama South China dan Muang Thung United Thailand.(E009/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010