Indonesia tunjukkan kepedulian sosial masa pandemi kepada Argentina

Indonesia tunjukkan kepedulian sosial masa pandemi kepada Argentina

Pemerintah Indonesia melalui KBRI Buenos Aires memberikan bantuan sosial berupa alat sanitasi dan makanan pokok kepada masyarakat Argentina di Provinsi Buenos Aires lewat program "Indonesia Solidaria". (ANTARA/HO-KBRI Buenos Aires)

Solidaritas ini diwujudkan Pemerintah Indonesia melalui KBRI Buenos Aires, dengan memberikan bantuan alat sanitasi, makanan pokok, dan operasional dapur umum
Jakarta (ANTARA) - Indonesia menunjukkan kepedulian sosial kepada Argentina di tengah masa pandemi COVID-19 dengan memberikan bantuan alat sanitasi dan makanan pokok kepada pemerintah Provinsi Buenos Aires.

Bantuan itu adalah bagian dari program "Indonesia Solidaria", yakni sebuah aksi kepedulian sosial dari KBRI Buenos Aires untuk meringankan beban masyarakat Argentina yang terdampak COVID-19, menurut keterangan tertulis KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Solidaritas ini diwujudkan Pemerintah Indonesia melalui KBRI Buenos Aires, dengan memberikan bantuan alat sanitasi, makanan pokok, dan operasional dapur umum," ujar Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie.

Dubes Niniek menegaskan bahwa persahabatan antara Indonesia dan Argentina tidak mengenal hambatan geografis, dan pandemi COVID-19 yang berdampak luar biasa mengharuskan setiap negara untuk tolong-menolong.

"Indonesia adalah sahabatmu, Indonesia adalah saudaramu, dan yang terpenting adalah Indonesia untukmu," ucap Dubes Niniek saat menyerahkan bantuan alat sanitasi dan makanan pokok kepada pemerintah Provinsi Buenos Aires.

Seperti di belahan dunia lainnya, pandemi menimbulkan dampak sosial ekonomi kepada masyarakat Argentina. Tingkat pengangguran di Argentina mencapai 26,7 persen dan tingkat kemiskinan naik menjadi 37,5 persen atau 11 juta orang.

Selain bantuan sanitasi dan makanan pokok, Pemerintah Indonesia melalui KBRI Buenos Aires juga membiayai operasional dua dapur umum di kota Lanús, Provinsi Buenos Aires, selama lima hari dari 28 September sampai 2 Oktober 2020.

Lanús adalah kota penyangga ibukota Buenos Aires yang berpenduduk 450 ribu jiwa. Sejak pandemi, sektor industri yang menjadi andalan kota itu pun ikut lesu.

Untuk bertahan hidup, masyarakat yang kurang mampu mengandalkan dapur umum milik pemerintah atau komunitas masyarakat setempat. Mereka rela mengantri untuk mendapat semangkok sup, pasta, atau kentang untuk makan siang.

Sejak pandemi, keberadaan dapur umum semakin menjamur untuk memberi makan puluhan ribu masyarakat kurang mampu setiap harinya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Hubungan Lembaga dan Internasional Provinsi Buenos Aires, Sofia Sternberg, mengucapkan terima kasih, sekaligus menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan akan sangat membantu masyarakat di Provinsi Buenos Aires.

Ia juga mengharapkan setelah usainya pandemi, akan lebih banyak kerja sama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Argentina, terutama dengan Provinsi Buenos Aires.

Baca juga: Peringatan HUT ke-75 RI, Indonesia Raya berkumandang di Argentina
Baca juga: Masyarakat Indonesia berikan bansos kepada Argentina pada masa pandemi
Baca juga: Indonesia buka jalan ekspor buah ke Argentina

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hangatnya hubungan RI - Argentina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar